Lukas 9

Klik untuk mengganti ayat
Yesus Mengutus Kedua Belas Rasul

1 YESUS memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan kepada mereka kekuatan dan kuasa untuk mengusir semua roh jahat dan untuk menyembuhkan penyakit.

2 Dia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Elohim dan menyembuhkan orang sakit.

3 Lalu Dia berkata kepada mereka, "Jangan membawa apa pun dalam perjalanan. Jangan membawa tongkat, atau kantung bekal, atau roti, atau uang, ataupun dua helai pakaian.

4 Dan jika kamu diterima masuk di suatu rumah, tinggallah di sana sampai kamu keluar dari sana.

5 Dan jika ada orang yang tidak menerima kamu, kebaskanlah debu dari kakimu ketika keluar dari kota itu, sebagai peringatan terhadap mereka."

6 Lalu berangkatlah mereka dan pergi ke desa-desa memberitakan Kabar Baik dan menyembuhkan orang sakit di manamana. HERODES INGIN MELIHAT YESUS

Herodes Ingin Melihat Yesus

7 Herodes, raja wilayah itu, mendengar segala sesuatu yang dilakukan oleh YESUS. Ia menjadi bingung karena beberapa orang mengatakan bahwa Yohanes telah bangkit kembali dari kematian,

8 sementara orang lain mengatakan bahwa Elia telah muncul lagi, atau bahwa salah seorang dari nabi zaman dahulu telah bangkit kembali.

9 Tetapi Herodes berkata, "Aku telah memenggal kepala Yohanes. Namun siapakah YESUS ini yang beritanya aku dengar seperti itu?" Lalu ia berusaha untuk melihat-Nya.

Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang

10 Kemudian para rasul itu kembali dan melaporkan kepada-Nya apa yang telah mereka lakukan. Lalu Dia membawa mereka pergi menyendiri ke tempat yang sunyi di sebuah kota yang bernama Bethsaida.

11 Namun orang banyak mengetahuinya dan mengikuti-Nya. Dia menerima mereka dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Elohim dan Dia menyembuhkan orang-orang yang membutuhkan kesembuhan.

12 Ketika hari mulai senja, datanglah kedua belas murid itu dan berkata kepada-Nya, "Suruhlah orang banyak itu pergi ke desa-desa dan kampung-kampung di sekitar sini, supaya mereka dapat menumpang dan memperoleh makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi"

13 Tetapi Dia berkata kepada mereka, "Kamu, berilah mereka makan!" Mereka berkata, "Yang ada pada kami tidak lebih dari lima roti dan dua ikan, kecuali jika kami pergi membeli makanan bagi semua orang ini."

14 Sebab mereka ada kira-kira lima ribu orang pria. Lalu Dia berkata kepada murid-murid-Nya, "Suruhlah mereka duduk berkelompok, masing-masing kelompok lima puluh orang."

15 Mereka melakukannya demikian dan menyuruh semua orang itu duduk.

16 YESUS mengambil lima roti dan dua ikan itu, menengadah ke langit, memberkati dan memecah-mecahkannya, lalu memberikannya kepada murid-murid untuk membagi-bagikannya kepada orang banyak itu.

17 Lalu makanlah mereka semua sampai kenyang. Dan mereka mengumpulkan potongan-potongan roti yang lebih itu sebanyak dua belas keranjang.

Petrus Mengakui Yesus Adalah Mesias

18 Pada suatu hari, ketika Dia sedang berdoa sendirian dan murid-murid ada bersama-Nya, Dia bertanya kepada mereka, "Menurut orang-orang, siapakah Aku ini?"

19 Mereka menjawab, "Ada yang mengatakan Yohanes Pembaptis, yang lain mengatakan Elia, dan yang lain lagi mengatakan seorang nabi dari zaman dahulu yang telah bangkit kembali."

20 Kata-Nya kepada mereka, "Tetapi menurut kamu, siapakah Aku ini?" Dan Petrus menjawab, "Mesias dari Elohim."

Yesus Memberitahukan Kematian dan Kebangkitannya

21 Lalu Dia memperingatkan dan melarang mereka agar tidak mengatakan hal itu kepada siapa pun,

22 kata-Nya, "Anak Manusia harus menderita dan ditolak oleh para tua-tua dan imam-imam kepala serta para ahli Taurat, lalu dibunuh, dan dibangkitkan pada hari yang ketiga."

Pikul Salib

23 Kemudian Dia berkata kepada semua orang, "Jika seseorang ingin mengikut Aku, biarlah ia menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari, dan mengikut Aku.

24 Siapa yang ingin menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi siapa yang mengurbankan nyawanya demi Aku, ia akan menyelamatkannya.

25 Apa untungnya seseorang memperoleh seluruh dunia ini, tetapi membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

26 Sebab siapa yang malu karena Aku dan perkataan-Ku, Anak Manusia pun akan malu mengakuinya ketika Dia datang dalam kemuliaan-Nya dan kemuliaan Bapa serta para malaikat kudus-Nya.

27 Namun Aku berkata kepadamu, sesungguhnya ada beberapa orang yang sedang berdiri di sini tidak akan mengalami kematian sebelum mereka melihat Kerajaan Elohim."

Yesus Berubah Rupa

28 Kira-kira delapan hari sesudah percakapan itu, Dia mengajak Petrus dan Yohanes serta Yakobus naik ke gunung untuk berdoa.

29 Ketika Dia sedang berdoa, wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilauan.

30 Dan tampaklah dua orang pria sedang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia,

31 yang tampak dalam kemuliaan. Mereka berbicara tentang kematian-Nya yang akan segera Dia genapi di Yerusalem.

32 Namun Petrus dan mereka yang ada bersamanya telah tertidur lelap, dan ketika mereka terbangun, mereka melihat kemuliaan-Nya dan dua orang pria yang sedang berdiri bersama-Nya.

33 Ketika kedua orang itu hendak berpisah dengan YESUS, Petrus berkata kepada-Nya, "Guru, sungguh baik kita berada di sini. Biarlah kami mendirikan tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa, dan satu untuk Elia." Namun ia tidak mengerti apa yang ia ucapkan"

34 Sementara ia mengatakan hal itu, datanglah awan menyelubungi mereka dan mereka ketakutan ketika masuk ke dalam awan itu.

35 Lalu terdengarlah suara dari awan itu yang mengatakan, "Inilah Putra-Ku Yang Terkasih, dengarkanlah Dia!"

36 Ketika suara itu terdengar, YESUS tinggal seorang diri. Dan mereka diam saja dan pada waktu itu mereka tidak menceritakan kepada siapa pun apa yang telah mereka saksikan itu.

Kuasa Iman Mengalahkan Roh Jahat

37 Pada keesokan harinya ketika mereka turun dari gunung itu, kerumunan orang banyak menemui Dia.

38 Seorang pria dari antara orang banyak itu berseru, katanya, "Guru, aku mohon kepada-Mu jenguklah anakku, karena ia anakku satu-satunya.

39 Apabila roh jahat menyerang dia, tiba-tiba ia berteriak, dan roh itu mengguncangguncangkan dia sampai mulutnya berbusa. Dan roh itu tidak mau keluar dari padanya dan terus menyiksanya.

40 Aku telah meminta kepada murid-murid-Mu agar mereka mengusir roh itu, tetapi mereka tidak dapat mengusirnya."

41 Maka YESUS berkata, "Hai generasi yang tidak percaya dan yang sesat, sampai kapan Aku harus ada bersamamu dan bersabar terhadap kamu? Bawalah anakmu itu ke sini."

42 Sementara anak itu mendekat, roh jahat itu menghempaskannya dan mengguncang-guncangkannya. Lalu YESUS menghardik roh najis itu dan menyembuhkan anak itu, lalu menyerahkannya kembali kepada ayahnya.

Pemberitahuan Kedua Tentang Kematian Yesus

43 Maka semua orang takjub atas keagungan Elohim. Tetapi sementara semua orang sedang kagum atas segala hal yang telah dilakukan-Nya, YESUS berkata kepada para murid-Nya,

44 "Dengarlah dan perhatikanlah perkataan ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia."

45 Namun mereka tidak mengerti firman itu, sebab hal itu masih tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya, dan mereka takut untuk menanyakan hal itu kepada-Nya.

46 Kemudian timbullah perselisihan di antara mereka, siapa yang terbesar dari antara mereka.

47 YESUS mengetahui pikiran mereka. Dia mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di samping-Nya.

48 Lalu Dia berkata kepada mereka, "Siapa yang menyambut anak kecil ini dalam Nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan siapa yang menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku. Sebab yang terkecil di antara kamu sekalian, ia akan menjadi yang terbesar."

Dalam Namanya

49 Yohanes berkata, "Tuhan, kami melihat seseorang mengusir roh jahat dalam Nama-Mu, dan kami melarangnya, karena ia bukan pengikut kita."

50 Dan YESUS berkata kepadanya, "Jangan melarangnya. Sebab siapa yang tidak melawan kita, ia ada di pihak kita."

Perjalanan ke Yerusalem

51 Ketika sudah dekat waktu kenaikan-Nya, Dia membulatkan hati-Nya untuk pergi ke Yerusalem.

52 Dia mengirim utusan untuk mendahului-Nya. Maka berangkatlah mereka, lalu masuk ke sebuah desa orang Samaria untuk mempersiapkan sesuatu bagi Dia.

53 Tetapi orang-orang Samaria tidak mau menerima Dia, karena tampak bahwa Dia hendak menuju Yerusalem.

54 Melihat hal itu, murid-murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, berkata, "Tuhan, apakah Engkau mau kami menyuruh api turun dari langit untuk menghancurkan mereka, seperti yang dilakukan Elia?"

55 Tetapi Dia berpaling dan menegur mereka, kata-Nya, "Kamu tidak sadar, roh apa yang ada padamu.

56 Sebab Anak Manusia datang bukan untuk membinasakan jiwa manusia, tetapi untuk menyelamatkannya." Lalu mereka berangkat ke desa yang lain.

Mengikut Yesus

57 Sementara mereka dalam perjalanan, berkatalah seseorang kepada-Nya, "Tuhan, Aku akan mengikuti Engkau ke mana pun Engkau pergi."

58 YESUS berkata kepadanya, "Rubah mempunyai liang dan burung di udara mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."

59 Lalu Dia berkata kepada yang lainnya, "Ikutlah Aku!" Tetapi orang itu berkata, "Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu untuk menguburkan ayahku."

60 Tetapi YESUS berkata kepadanya, "Biarlah orang mati menguburkan orang mati, tetapi engkau pergilah, beritakanlah Kerajaan Elohim!"

61 Seorang yang lain berkata, "Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi izinkanlah aku berpamitan dahulu kepada orang-orang di rumahku."

62 Tetapi YESUS berkata kepadanya, "Seorang yang siap membajak namun menoleh ke belakang, ia tidak layak untuk Kerajaan Elohim."

Lukas 8
Lukas 10