Keluaran 8

Klik untuk mengganti ayat
Tulah Kedua: Katak

1 Berfirmanlah YAHWEH kepada Musa, "Pergilah kepada Firaun, dan katakanlah kepadanya: Beginilah YAHWEH berfirman: Biarkan umat-Ku pergi, supaya mereka dapat melayani Aku.

2 Dan jika engkau menolak untuk membiarkan mereka pergi, lihatlah, Aku akan menulahi seluruh perbatasanmu dengan katak.

3 Sungai akan mengeluarkan katak sangat banyak, yang akan naik dan masuk ke dalam rumahmu, ke dalam ruang tidurmu, di atas tempat tidurmu, ke dalam rumah hamba-hambamu, ke atas rakyatmu, dan ke dalam pembakaran rotimu, serta ke dalam tempat adonan rotimu.

4 Katak-katak itu akan naik ke atasmu, ke atas rakyatmu, dan ke atas semua hamba-hambamu."

5 Berfirmanlah YAHWEH kepada Musa, "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tanganmu dan tongkatmu ke atas sungai-sungai, ke atas parit-parit, dan ke atas kolam-kolam dan buatlah katak-katak bermunculan ke atas tanah Mesir."

6 Harun mengacungkan tangannya ke atas segala air di Mesir; dan katak-katak pun bermunculan dan menutupi tanah Mesir.

7 Para penyihir Mesir melakukan juga hal yang demikian dengan ilmu mantera mereka, dan membuat katak-katak bermunculan di atas tanah Mesir.

8 Firaun memanggil Musa serta Harun, dan berkata, "Berdoalah kepada YAHWEH agar Dia menyingkirkan katak-katak itu dari padaku dan rakyatku. Aku akan membiarkan umat itu pergi, agar mereka dapat mempersembahkan kurban kepada YAHWEH."

9 Musa berkata kepada Firaun, "Suatu kehormatan bagiku, kapankah aku harus mendoakanmu, hamba-hambamu dan rakyatmu untuk melenyapkan katak-katak itu dari padamu dan dari rumah-rumahmu, supaya mereka hanya tinggal di sungai itu saja?"

10 Firaun menjawab, "Besok!" Lalu Musa berkata, "Sesuai dengan perkataanmu; supaya engkau dapat mengetahui bahwa tidak ada satu pun yang seperti YAHWEH, Elohim kami.

11 Dan katak-katak itu akan pergi dari padamu, dari rumah-rumahmu, dari hamba-hambamu, dan dari rakyatmu; katak-katak itu akan tetap di sungai saja."

12 Musa dan Harun pergi keluar dari Firaun. Dan Musa berseru kepada YAHWEH karena katak-katak yang telah dibawa melawan Firaun.

13 YAHWEH melakukan sesuai dengan perkataan Musa; dan katak-katak yang ada di rumah-rumah, desa-desa, ladang-ladang, mati semua.

14 Orang-orang mengumpulkan bangkainya di atas tumpukan, dan negeri itu berbau busuk.

15 Namun ketika Firaun melihat bahwa sudah ada kelegaan, maka ia mengeraskan hatinya, dan tidak mendengarkan mereka, seperti yang telah YAHWEH firmankan.

Tulah Ketiga: Kutu

16 Berfirmanlah YAHWEH kepada Musa, "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tongkatmu dan pukullah debu pada tanah, supaya debu itu menjadi kutu di seluruh tanah Mesir."

17 Dan mereka melakukannya. Harun mengulurkan tangan dengan tongkatnya dan memukul debu pada tanah, dan debu tanah itu menjadi kutu-kutu pada manusia dan pada binatang; semua debu tanah itu menjadi kutu di seluruh tanah Mesir.

18 Dan para penyihir melakukan juga hal yang demikian dengan mantera-mantera mereka untuk menciptakan kutu, tetapi mereka tidak bisa. Jadi ada kutu-kutu pada manusia dan pada binatang.

19 Lalu para penyihir itu berkata kepada Firaun, "Inilah jari tangan Elohim." Tetapi hati Firaun mengeras, ia tidak mendengarkan mereka, seperti yang telah YAHWEH firmankan.

Tulah Keempat: Kawanan Lalat

20 YAHWEH berfirman kepada Musa, "Bangunlah pagi-pagi, dan berdirilah di hadapan Firaun pada waktu ia tampil ke sungai dan katakanlah kepadanya: Beginilah YAHWEH berfirman: Biarkan umat-Ku pergi supaya mereka dapat melayani Aku.

21 Selain itu, jika engkau tidak membiarkan umat-Ku pergi, lihatlah, Aku akan mengirimkan kawanan lalat atasmu, atas hamba-hambamu, rakyatmu, dan rumah-rumahmu. Maka rumah-rumah orang Mesir, juga tanah di mana mereka berdiri, akan dipenuhi kawanan lalat.

22 Pada hari itu Aku akan memisahkan tanah Goshen, tempat di mana umat-Ku tinggal, bahwa di sana tidak akan ada kerumunan lalat, sehingga engkau mengetahui bahwa Aku, YAHWEH, ada di tengah-tengah negeri ini.

23 Aku akan mengadakan perbedaan antara umat-Ku dan rakyatmu; tanda ini akan terjadi esok hari."

24 Maka YAHWEH melakukannya; datanglah sekawanan lalat memasuki rumah Firaun, masuk ke rumah para hambanya, dan ke seluruh tanah Mesir, sehingga negeri itu rusak oleh karena kerumunan lalat itu.

25 Firaun memanggil Musa dan Harun serta berkata, "Pergilah, persembahkanlah kurban kepada Elohimmu di negeri ini."

26 Musa berkata, "Itu bukanlah hal yang benar. Jika kami harus mempersembahkan kurban bagi YAHWEH, Elohim kami, itu adalah suatu kejijikan bagi orang Mesir. Dan jika kami mempersembahkan kurban yang merupakan kejijikan bagi orang Mesir di depan mata mereka, tidakkah mereka akan merajam kami?

27 Kami akan pergi tiga hari perjalanan ke padang gurun, dan mempersembahkan kurban bagi YAHWEH, Elohim kami, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kami."

28 Firaun berkata, "Aku akan membiarkan kamu pergi, supaya kamu dapat mempersembahkan kurban kepada YAHWEH, Elohimmu di padang gurun. Hanya janganlah kamu pergi terlalu jauh, berdoalah untukku."

29 Lalu Musa berkata, "Lihatlah, aku akan keluar dari tempatmu, dan aku akan berdoa kepada YAHWEH supaya kawanan lalat itu dapat pergi dari Firaun, hambahambanya, dan rakyatnya. Tetapi, janganlah Firaun berlaku curang lagi dengan tidak membiarkan umat itu pergi untuk mempersembahkan kurban kepada YAHWEH."

30 Maka Musa keluar meninggalkan Firaun, dan berdoa kepada YAHWEH.

31 YAHWEH melakukan seperti perkataan Musa. Lalu lalat-lalat itu menyingkir dari Firaun, dari hamba-hambanya, dan dari rakyatnya, tidak ada seekor pun yang tertinggal.

32 Dan kali ini juga Firaun mengeraskan hatinya, dan tidak membiarkan umat itu pergi.

Keluaran 7
Keluaran 9