Keluaran 26

Klik untuk mengganti ayat
Tabernakel

1 "Haruslah engkau membuat Tabernakel itu dari sepuluh lembar tenda, dari linen halus, benang nila, ungu dan kirmizi yang dipintal dengan kerub-kerubnya; engkau harus membuatnya sebagai karya seorang perancang.

2 Haruslah satu lembar tenda panjangnya dua puluh delapan hasta dan lebarnya empat hasta; untuk setiap lembar tenda harus satu ukurannya.

3 Haruslah lima lembar tenda menjadi rangkaian satu terhadap yang lain, dan lima lembar tenda menjadi rangkaian satu terhadap yang lain.

4 Haruslah engkau membuat simpul-simpul dari benang nila pada tepi dari tenda terujung dalam rangkaian yang pertama; demikian juga engkau harus membuatnya pada tepi dari tenda terujung dalam rangkaian yang kedua.

5 Haruslah engkau membuat lima puluh simpul pada tenda yang pertama, dan lima puluh simpul pada tenda terujung yang ada pada rangkaian yang kedua, dengan membuat simpul-simpul itu saling berhadapan satu terhadap yang lain.

6 Haruslah engkau membuat lima puluh pengait emas, dan engkau harus menggabungkan tenda-tenda itu satu terhadap yang lain dengan pengait-pengait itu; dan haruslah Tabernakel itu menjadi satu."

7 "Haruslah engkau membuat tenda dari bulu kambing untuk menjadi kemah bagian atas Tabernakel. Engkau harus membuat sebelas lembar tenda.

8 Haruslah panjang setiap lembar tenda tiga puluh hasta, dan lebar setiap lembar tenda empat hasta; untuk kesebelas lembar tenda harus satu ukurannya.

9 Haruslah engkau merangkai lima lembar tenda secara tersendiri, dan enam lembar tenda secara tersendiri; engkau harus melipat dua tenda yang keenam itu di bagian depan kemah itu.

10 Haruslah engkau membuat lima puluh simpul pada tepi dari tenda terujung dalam rangkaian yang pertama, dan lima puluh simpul pada tepi tenda rangkaian yang kedua.

11 Haruslah engkau membuat lima puluh pengait tembaga dan memasukkan pengait-pengait itu pada simpul-simpul dan merangkai kemah itu supaya menjadi satu.

12 Haruslah kelebihan yang tersisa pada tenda kemah itu, yaitu setengah lembar tenda yang tersisa, menjuntai pada bagian belakang Tabernakel itu.

13 Haruslah sehasta di sebelah sini dan sehasta di sebelah sana, menurut apa yang tersisa dari panjangnya tenda kemah itu, yang menjuntai di atas rusuk-rusuk Tabernakel, di sebelah sini dan di sebelah sana, untuk menutupinya.

14 Haruslah engkau membuat tudung untuk kemah itu dari kulit domba jantan yang dicelup warna merah dan tudung dari kulit lumba-lumba di bagian atasnya."

15 "Haruslah engkau membuat papan-papan dari kayu akasia yang berdiri tegak, untuk Tabernakel.

16 Haruslah panjang papan itu sepuluh hasta, dan setiap papan itu satu setengah hasta lebarnya.

17 Haruslah dua pasak ada pada setiap papan yang dilekatkan satu terhadap yang lain; demikianlah engkau harus melakukannya terhadap seluruh papan Tabernakel itu.

18 Haruslah engkau membuat papan-papan untuk Tabernakel itu, dua puluh papan untuk sebelah selatan ke arah selatan.

19 Haruslah engkau membuat empat puluh alas tumpuan dari perak di bawah kedua puluh papan itu; dua alas tumpuan untuk kedua pasaknya di bawah papan yang satu, dan dua alas tumpuan untuk kedua pasaknya di bawah papan yang lain.

20 Haruslah untuk sisi yang kedua dari Tabernakel itu, yaitu untuk sebelah utara, ada dua puluh papan,

21 dan empat puluh alas tumpuannya dari perak, dua alas tumpuan di bawah papan yang satu, dan dua alas tumpuan di bawah papan yang lain.

22 Haruslah untuk kedua panggul Tabernakel sebelah barat, engkau membuat enam papan.

23 Haruslah engkau membuat dua papan untuk sudut-sudut Tabernakel di kedua panggulnya.

24 Haruslah keduanya kembar mulai dari bawah dan berpasangan sempurna hingga kepalanya masuk ke dalam sebuah gelang, demikianlah harus terjadi bagi keduanya; keduanya adalah penopang sudut.

25 Haruslah ada delapan papan, juga alas-alas tumpuannya dari perak ada enam belas alas tumpuan; dua alas tumpuan di bawah papan yang satu, dan dua alas tumpuan di bawah papan yang lain.

26 Haruslah engkau membuat palang-palang dari kayu akasia; lima batang untuk papan-papan sisi Tabernakel yang satu,

27 dan lima batang palang untuk papan-papan sisi Tabernakel yang kedua; dan lima batang palang untuk papan-papan sisi Tabernakel pada pinggul sebelah barat.

28 Haruslah palang yang di tengah, di tengah-tengah papan-papan itu, melintang dari ujung ke ujung.

29 Haruslah engkau menyalut papan-papan itu dengan emas, dan engkau harus membuat gelang-gelangnya dari emas sebagai tempat untuk palang-palang itu, dan engkau harus menyalut palang-palang itu dengan emas.

30 Haruslah engkau mendirikan Tabernakel itu sesuai dengan rancangannya, yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung."

31 "Haruslah engkau membuat tabir dari benang nila dan ungu dan kirmizi serta linen halus yang dipintal, suatu karya seorang perancang; haruslah ia mengerjakannya dengan kerub-kerubnya.

32 Haruslah engkau memasangnya pada keempat tiang dari kayu akasia yang dilapisi emas, dan kaitankaitannya dari emas, di atas keempat alas tumpuan dari perak.

33 Haruslah engkau memasang tabir di bawah pengait-pengait itu, dan engkau harus membawa masuk tabut kesaksian itu ke sana, ke bagian dalam tabir. Tabir itu akan memisahkan bagimu antara ruang kudus dengan ruang Mahakudus.

34 Haruslah engkau memasang tutup pendamaian di atas tabut kesaksian itu, di ruang Mahakudus.

35 Haruslah engkau menempatkan meja itu di bagian luar tabir, dan kaki pelita di depan meja itu pada sisi selatan Tabernakel, dan engkau harus menempatkan meja itu pada sisi utara.

36 Haruslah engkau membuat tirai untuk pintu kemah dari benang nila dan ungu dan kirmizi serta linen halus yang dipintal, suatu karya seorang penyulam.

37 Untuk tirai, haruslah engkau membuat lima tiang dari kayu akasia, dan engkau harus melapisinya dengan emas, kaitan-kaitannya dari emas dan untuk itu engkau harus menuang lima alas tumpuan dari tembaga."

Keluaran 25
Keluaran 27