Keluaran 22

Klik untuk mengganti ayat
Hukum Tentang Pencurian

1 "Apabila seseorang mencuri seekor lembu atau seekor domba, dan ia menyembelihnya atau menjualnya, maka ia harus membayar lima ekor kawanan lembu ganti lembu itu, dan empat ekor kawanan domba ganti domba itu.

2 Jika seorang pencuri tertangkap sedang membobol, lalu ia dipukuli dan mati, tidak ada utang darah bagi dia.

3 Jika matahari telah bersinar atasnya, ia berutang darah. Pencuri harus membayar penuh ganti rugi; jika ia tidak memiliki apa pun, maka ia harus dijual ganti barang curiannya.

4 Jika barang curian itu benar-benar didapati masih hidup di tangannya, baik lembu maupun keledai jantan maupun kambing domba, maka ia harus membayar ganti dua kali lipat.

Hukum Tentang Perlindungan Tanaman

5 Jika seseorang menjadikan sebuah ladang atau kebun anggur sebagai tempat penggembalaan, dan melepaskan ternaknya dan menggembalakan di ladang yang lain, ia harus membayar ganti dengan hasil terbaik dari ladang atau kebun anggurnya.

6 Apabila api menjalar dan melalap semak duri, dan tumpukan biji gandum, atau gandum siap panen, atau ladangnya, orang yang menyebabkan kebakaran harus membayar ganti rugi.

Hukum Tentang Harta Milik

7 Apabila seseorang menitipkan uang atau barang kepada temannya untuk menjaganya, dan titipan itu dicuri dari rumah orang itu; jika pencuri itu tertangkap, ia harus membayar ganti dua kali lipat.

8 Jika pencuri itu tidak tertangkap, maka pemilik rumah itu harus dibawa ke hadapan Elohim, apakah ia tidak mengulurkan tangannya atas barang-barang kepunyaan temannya itu.

9 Untuk setiap perkara pelanggaran, tentang lembu, tentang keledai jantan, tentang kambing domba, tentang pakaian, tentang segala barang yang hilang, yang ia katakan bahwa barang itu miliknya, keduanya harus membawa perkara itu ke hadapan Elohim; siapa yang Elohim nyatakan salah, ia harus membayar ganti dua kali lipat kepada temannya itu.

10 Apabila seseorang menitipkan kepada temannya, seekor keledai jantan, atau seekor lembu, atau seekor kambing domba, atau hewan, untuk menjaganya, dan hewan itu mati, atau cedera, atau ditangkap seseorang tanpa ada seorang pun yang melihat,

11 suatu sumpah demi YAHWEH haruslah ada di antara mereka berdua, apabila ia tidak mengulurkan tangannya atas barang-barang temannya, dan haruslah pemiliknya menerima, maka ia tidak harus membayar ganti.

12 Namun jika hewan itu benar-benar dicuri darinya, ia harus membayar ganti kepada pemiliknya.

13 Jika hewan itu dicabik sehingga menjadi serpihan-serpihan, ia harus membawanya sebagai bukti; ia tidak harus membayar ganti hewan yang sudah tercabik-cabik itu.

14 Dan apabila seseorang meminjam sesuatu dari temannya, dan tercederai atau mati, sementara pemiliknya tidak bersama dengannya, ia harus membayar ganti rugi.

15 Jika pemiliknya bersama dengannya, maka ia tidak harus membayar ganti. Jika itu disewa, maka kerugian itu telah termasuk dalam ongkos sewanya."

Hukum Tentang Rayuan

16 "Apabila seorang pria merayu seorang anak perawan yang belum ditunangkan, dan tidur dengannya, ia harus mengambilnya sebagai istri baginya.

17 Jika ayahnya benar-benar menolak untuk memberikannya kepada pria itu, ia harus membayar uang sesuai maskawin anak perawan itu.

Tentang Berbagai Pelanggaran

18 Engkau tidak boleh membiarkan seorang wanita penyihir untuk hidup.

19 Siapa pun yang bersetubuh dengan binatang, pastilah ia dihukum mati.

20 Siapa yang berkurban kepada ilah-ilah, selain kepada YAHWEH, haruslah ia dibinasakan.

Hukum Melindungi yang Tidak Berdaya

21 Dan engkau tidak boleh bersikap kejam pada orang asing, dan tidak boleh menindasnya karena kamu pun pernah menjadi orang asing di tanah Mesir.

22 Kamu tidak boleh merendahkan seorang janda dan anak yatim.

23 Jika engkau benar-benar merendahkannya, dan ia benar-benar berseru kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan seruannya,

24 dan murka-Ku akan bangkit dan Aku akan membunuhmu dengan pedang; dan istri-istrimu akan menjadi janda, dan anak-anakmu akan menjadi yatim.

25 Jika engkau meminjamkan uang kepada umat-Ku, orang yang miskin di antaramu, engkau tidak boleh bertindak seperti pemiutang; engkau tidak boleh menetapkan bunga uang kepadanya.

26 Jika engkau benar-benar menetapkan jubah temanmu sebagai jaminan, engkau harus mengembalikan itu kepadanya sampai matahari terbenam,

27 karena hanya itulah penutup tubuhnya, itulah pembungkus bagi kulitnya; dengan apakah ia akan berbaring? Dan akan terjadi ketika ia berseru kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkannya, sebab Aku ini murah hati.

Menghormati Elohim

28 Janganlah engkau menista Elohim, dan janganlah engkau mengutuk pemimpin di antara bangsamu.

29 Janganlah engkau menahan hasil panenmu dan hasil anggurmu; haruslah engkau menyerahkan anak-anak sulungmu kepada-Ku.

30 Demikian juga engkau harus berbuat terhadap lembumu, terhadap dombamu; tujuh hari lamanya anak hewan itu bersama-sama dengan induknya, pada hari kedelapan engkau harus menyerahkannya kepada-Ku.

31 Dan kamu harus menjadi orang-orang kudus bagi-Ku. Dan janganlah kamu makan daging ternak yang diterkam binatang buas di ladang; haruslah kamu melemparkannya pada anjing."

Keluaran 21
Keluaran 23