Kejadian 49

Klik untuk mengganti ayat
Perkataan Yakub yang Terakhir

1 Yakub memanggil anak-anaknya dan berkata, "Berkumpullah aku hendak menyatakan kepadamu apa yang akan terjadi kepadamu pada hari-hari yang akan datang.

2 Berhimpunlah dan dengarkanlah hai anak-anak Yakub, dengarkanlah kepada Israel, ayahmu.

3 Ruben, kamu adalah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, yang unggul dalam keluhuran dan yang unggul dalam kemampuan.

4 Engkau membual bagaikan air, engkau tidak lagi menjadi terutama karena engkau menaiki tempat tidur ayahmu, dan engkau telah mencemarinya. Dia telah menaiki tempat tidurku.

5 Simeon dan Lewi mereka bersaudara, pedang mereka adalah senjata kekerasan.

6 Janganlah jiwaku masuk dalam persepakatan mereka, biarlah kemuliaanku tidak menyatu dalam perkumpulan mereka; karena dalam kemarahannya, mereka telah membunuh orang, dan dalam kekerasannya, mereka telah melumpuhkan lembu jantan.

7 Terkutuklah kemarahan mereka, karena sangat ganas, dan kesewenangan mereka, karena hal itu sangat keras. Aku akan membagi-bagi mereka di antara Yakub dan mencerai-beraikan mereka di antara Israel.

8 Yehuda, saudara-saudaramu akan memuji engkau, tanganmu ada di tengkuk musuhmu, anak-anak ayahmu akan sujud kepadamu.

9 Yehuda bagaikan anak singa; setelah menerkam mangsanya, engkau telah naik; ia telah meniarap, ia telah berbaring seperti singa jantan dan seperti singa betina; siapakah yang berani mengusiknya?

10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda, dan kekuasaan pemerintahan, dari antara kedua kakinya, sampai Penguasa Sejati itu datang, maka semua bangsa akan takluk kepadanya.

11 Yang menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan. Dia mencuci pakaiannya dengan anggur dan jubahnya dengan darah buah anggur.

12 Matanya memerah karena anggur dan giginya memutih karena susu.

13 Zebulon, ia akan tinggal di tepi pantai laut, dan ia adalah pesisir bagi kapal-kapal, dan batasnya sampai ke Sidon.

14 Isakhar, bagaikan keledai yang kuat yang berbaring di antara sepasang bebannya.

15 Ia melihat bahwa tempat peristirahatan itu baik dan negeri itu menyenangkan, maka ia membungkukkan bahunya untuk memikul beban dan menjadi hamba yang bekerja keras.

16 Dan, ia akan mengadili bangsanya sebagai salah satu suku Israel.

17 Biarlah Dan menjadi ular di jalan, seekor ular beludak di jalan setapak, yang memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang.

18 Aku telah menantinantikan keselamatan dari padaMu ya YAHWEH.

19 Gad, suatu pasukan akan menyerangnya, tetapi ia akan balik menyerang mereka.

20 Mengenai Asher, makanannya berlimpah, dan ia akan menghidangkan santapan raja.

21 Naftali, rusa betina yang terlepas, yang mengucapkan kata-kata indah.

22 Yusuf adalah pohon anggur yang berbuah, pohon anggur yang berbuah dekat mata air, yang dahan-dahannya merambat mengatasi tembok.

23 Para pemanah menyerang dia, membidiknya, dan membencinya;

24 namun busurnya tetap kokoh dan lengan tangannya semakin tangkas oleh pertolongan dari Dia Yang Mahakuasa yang disembah oleh Yakub, karena Dialah sang Gembala, gunung batu Israel.

25 Elohim ayahmu, akan menolongmu; Yang Mahakuasa, akan memberkatimu dengan berkat surgawi dari atas, berkat samudera dari bawah, berkat dekapan dada dan kandungan;

26 berkat ayahmu akan melampaui berkat leluhurku sampai selamanya. Biarlah semuanya itu tercurah ke atas kepala Yusuf, seperti mahkota dari orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.

27 Benyamin, adalah serigala yang menerkam; pada waktu pagi ia melahap mangsanya dan pada waktu petang ia membagi-bagi jarahannya."

28 Semuanya ini adalah kedua belas suku Israel, dan inilah yang telah dikatakan ayahnya tentang mereka, ketika ia memberkati mereka; tiap-tiap orang diberkati sesuai dengan berkatnya.

Petunjuk Penguburan Yakub

29 Yakub berpesan kepada mereka, "Sebentar lagi aku dikumpulkan kepada kaum leluhurku. Kuburkanlah aku di dekat mereka, di dalam gua yang ada di ladang Efron orang Het itu.

30 Di dalam gua yang ada di ladang Makhpela, di depan Mamre, di tanah Kanaan, ladang itu telah dibeli Abraham dari Efron, orang Het itu, untuk menjadi tempat penguburan.

31 Di sana mereka menguburkan Abraham dan Sarah, istrinya, di sana pula mereka menguburkan Ishak dan Ribkah, istrinya, dan di sanalah aku telah menguburkan Leah.

32 Pembelian ladang dan gua yang ada di dalamnya adalah dari orang Het."

33 Setelah Yakub selesai berpesan kepada anak-anaknya, dia menarik kakinya ke atas tempat tidurnya, dan meninggallah dia, lalu dia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.

Kejadian 48
Kejadian 50