Kejadian 17

Klik untuk mengganti ayat
Perjanjian Sunat

1 Ketika Abram berusia sembilan puluh sembilan tahun, YAHWEH menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya, "Akulah El-Shadday, Elohim Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dan jadilah sempurna.

2 Aku akan membuat perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat keturunanmu sangat banyak."

3 Maka Abram tersungkur, dan Elohim berfirman kepadanya,

4 "Mengenai Aku, lihatlah, perjanjian-Ku ada padamu, maka engkau akan menjadi bapa banyak bangsa.

5 Namamu tidak lagi disebut Abram, tetapi namamu akan menjadi Abraham, karena Aku telah menetapkan engkau sebagai bapa banyak bangsa.

6 Aku akan membuat engkau beranak cucu dengan sangat banyak, bahkan telah menetapkan engkau agar bangsa-bangsa dan raja-raja berasal dari padamu.

7 Aku telah mendirikan perjanjian-Ku, antara Aku dan engkau dan keturunanmu turun temurun, sebagai suatu perjanjian kekal untuk menjadi Elohim bagimu dan bagi keturunanmu.

8 Aku telah memberikan kepadamu dan kepada keturunanmu, tanah tempat kediamanmu, yakni seluruh tanah Kanaan, sebagai milik yang kekal, Aku akan menjadi Elohim mereka."

9 Elohim berfirman kepada Abraham, "Dan engkau harus memelihara perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.

10 Inilah perjanjianKu yang harus engkau pelihara antara Aku dan engkau dan keturunanmu: Setiap laki-laki dari antaramu harus disunat.

11 Kamu harus disunat kulit khatanmu, dan hal itu menjadi suatu tanda perjanjian antara Aku dan kamu.

12 Seorang anak laki-laki berumur delapan hari haruslah kamu sunat, yaitu setiap laki-laki dari keturunanmu yang lahir di rumah, atau yang dibeli dengan uang dari orang asing yang bukan keturunanmu.

13 Ia yang lahir di rumahmu dan yang dibeli dengan uang harus disunat. Perjanjian-Ku akan ada di dalam manusia jasmanimu sebagai perjanjian yang kekal.

14 Setiap laki-laki yang tidak disunat, yang kulit khatannya tidak dipotong, orang itu harus dilenyapkan dari antara orang sebangsanya, ia telah mengingkari perjanjian-Ku."

15 Elohim berfirman kepada Abraham, "Kepada Sarai, istrimu, engkau tidak akan memanggilnya Sarai, karena namanya menjadi Sarah.

16 Aku akan memberkatinya dan Aku juga akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki dari padanya, dan Aku akan memberkatinya, sehingga ia akan menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja banyak bangsa akan lahir dari padanya."

17 Abraham bersujud dan tertawa serta berkata dalam hatinya, "Apakah seseorang yang telah berusia seratus tahun bisa mempunyai anak? Dan apakah Sarah yang telah berusia sembilan puluh tahun akan bisa melahirkan?"

18 Abraham berkata kepada Elohim, "Biarlah Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu."

19 Elohim berfirman, "Sarah, istrimu, pasti akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau harus memanggil namanya Ishak, dan Aku akan membangun perjanjian-Ku dengannya, untuk suatu perjanjian yang kekal bagi keturunannya selamanya.

20 mengenai Ismael, Aku telah mendengarkan engkau. Karena itu, Aku telah memberkatinya, dan akan membuatnya beranak cucu sehingga menjadi sangat banyak, ia akan melahirkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.

21 tetapi Aku akan mengikat perjanjian-Ku dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sarah bagimu tahun depan pada waktu seperti ini juga."

22 Setelah Dia selesai berbicara dengannya, maka Elohim naik meninggalkan Abraham.

23 Lalu Abraham mengambil Ismael, anaknya dan semua yang lahir di rumahnya, dan semua yang dibeli dengan uangnya, setiap laki-laki dari rumah Abraham. Kemudian, ia memotong kulit khatan mereka pada hari itu juga, seperti yang telah Elohim perintahkan kepadanya.

24 Abraham berusia sembilan puluh sembilan tahun pada saat kulit khatannya dipotong.

25 Ismael, anaknya berusia tiga belas tahun pada saat kulit khatannya dipotong.

26 Pada hari itu juga Abraham dan Ismael, anaknya, telah disunatkan.

27 Semua pria yang lahir di rumah atau yang dibeli dengan uang dari orang asing, mereka telah disunat bersamanya.

Kejadian 16
Kejadian 18