Ibrani 3

Klik untuk mengganti ayat
Yesus dan Musa

1 Oleh karena itu saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan surgawi, biarlah pandanganmu tertuju kepada Kristus YESUS, yang adalah Rasul dan Imam Besar sesuai dengan pengakuan kita;

2 yang setia kepada Elohim yang telah menetapkan-Nya, sebagaimana Musa juga setia melayani di dalam Rumah-Nya.

3 YESUS layak mendapat kemuliaan lebih besar daripada Musa, sama seperti seorang yang membangun rumah lebih dihormati daripada rumah yang dibangunnya.

4 Setiap rumah dibangun oleh seseorang, tetapi yang membangun segala sesuatu adalah Elohim.

5 Musa benar-benar setia sebagai hamba yang melayani di seluruh Rumah-Nya, sebagai suatu kesaksian yang akan diberitakan kemudian.

6 Kristus setia sebagai Putra yang mengepalai Rumah-Nya, dan Rumah-Nya itu adalah kita, dan kita sungguh-sungguh berpegang teguh kepada keyakinan serta bersukacita dalam pengharapan sampai pada akhirnya.

Peringatan Atas Ketidakpercayaan

7 Karena itu, sebagaimana dikatakan Roh Kudus: "Hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,

8 janganlah keraskan hatimu seperti saat pemberontakan pada hari pencobaan di padang gurun,

9 ketika para leluhurmu mencobai dan menguji Aku, padahal mereka telah menyaksikan perbuatan-perbuatan-Ku selama empat puluh tahun.

10 Itulah sebabnya Aku murka terhadap generasi itu dan berkata: Mereka selalu sesat hatinya dan tidak mengenal jalan-jalan-Ku.

11 Maka Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka tidak akan masuk ke dalam perhentian-Ku."

12 Perhatikanlah, saudara-saudara, agar jangan ada seorang pun dari kamu mempunyai hati yang jahat dalam ketidakpercayaan, sehingga membuat kamu berpaling dari Elohim yang hidup.

13 Hendaklah setiap hari kamu saling menasihati, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada seorang pun dari antara kamu menjadi keras hatinya oleh tipu daya dosa.

14 Sebab kita adalah pengikut Kristus, dan sampai akhir, kita berpegang teguh kepada keyakinan kita yang mula-mula.

15 Seperti yang dikatakan: "Hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu, seperti saat pemberontakan itu."

16 Mereka telah mendengar suara-Nya, tetapi mereka memberontak kepada-Nya, padahal mereka adalah orang-orang yang telah dipimpin Musa keluar dari Mesir.

17 Siapakah yang Dia murkai selama empat puluh tahun? Bukankah mereka yang telah berdosa dan yang mayatnya bergelimpangan di padang gurun?

18 Dan kepada siapa Dia telah bersumpah bahwa mereka tidak akan masuk ke dalam tempat perhentian-Nya, selain kepada mereka yang tidak percaya?

19 Jadi kita mengerti sekarang, bahwa mereka tidak dapat masuk adalah karena ketidakpercayaan mereka.

Ibrani 2
Ibrani 4