Ezra 8

Klik untuk mengganti ayat
Mereka yang Kembali Dengan Ezra

1 "Dan inilah kepala-kepala leluhur mereka dan silsilah orang-orang yang berangkat bersama-sama aku untuk pulang dari Babilon dalam pemerintahan raja Artahsasta:

2 Dari keturunan Pinehas, Gersom; dari keturunan Itamar, Daniel; dari keturunan Daud, Hatus.

3 Dari keturunan Sekhanya, dari keturunan Paros, Zakharia. Dan bersama-sama dengannya ada sebanyak seratus lima puluh orang laki-laki, dihitung menurut silsilah.

4 Dari keturunan Pahat-Moab: Elyoenai anak Zerahya, dan ada dua ratus orang laki-laki bersama-sama dengannya.

5 Dari keturunan Sekhanya anak Yahaziel bersama dengan tiga ratus orang laki-laki.

6 Dan dari keturunan Adin: Ebed anak Yonatan dan lima puluh orang laki-laki bersamanya.

7 Dari keturunan Elam: Yesaya anak Atalya dan bersamanya ada tujuh puluh orang laki-laki.

8 Dan dari keturunan Sefatya: Zebaja anak Mikhael dan delapan puluh orang laki-laki bersamanya.

9 Dan dari keturunan Yoab: Obajah anak Yehiel dan bersama-sama dengannya dua ratus delapan belas orang laki-laki.

10 Dari keturunan Selomit anak Yosifya dan seratus enam puluh orang laki-laki bersama-sama dengannya.

11 Dari keturunan Bebai: Zakharia anak Bebai dan bersamanya ada dua puluh delapan orang laki-laki.

12 Dari keturunan Azgad: Yohanan anak Hakatan dan seratus sepuluh orang laki-laki bersama-sama dengannya.

13 Dan dari keturunan yang terakhir Adonikam, yaitu Elifelet, Yehiel dan Semaya, dan bersama-sama dengan mereka enam puluh orang laki-laki.

14 Dari keturunan Bigwai: Utai, Zabud, dan tujuh puluh orang laki-laki bersama-sama dengannya.

15 Aku menghimpun mereka bersama-sama di dekat sungai yang mengalir ke Ahawa. Di sana kami berdiam dalam kemah selama tiga hari. Aku memperhatikan bangsa itu serta para imam, dan menemukan bahwa tidak satu pun dari mereka keturunan Lewi.

16 Kemudian,aku mengutus Eliezer, Ariel, Semaya, dan Elnatan, Yarib, Elnatan, Natan, dan Zakharia, dan Mesulam, yakni para kepala; dan Yoyarib, dan Elnatan, orang-orang yang berpengertian.

17 Dan aku mengutus mereka dengan perintah kepada Ido, seorang pemimpin di Kasifya, lalu aku menyampaikan kepada mereka apa yang harus mereka katakan kepada Ido dan saudara-saudaranya para budak di Bait Elohim di Kasifya itu supaya mereka mendatangkan kepada kami para pelayan untuk Bait Elohim.

18 Dan karena kebaikan tangan Elohim menaungi kami, mereka membawa kepada kami orang-orang yang berpengertian dari keturunan Mahli anak Lewi, anak Israel, dan Serebya beserta anak-anaknya dan saudara-saudaranya, delapan belas orang.

19 Juga tibalah Hasabya, dan bersamanya, Yesaya, dari keturunan Merari dan saudara-saudaranya, dan anak-anak mereka, dua puluh orang.

20 Juga datanglah para hamba Bait Suci, yang telah ditentukan oleh Daud dan para bangsawan untuk melayani orang-orang Lewi, dua ratus dua puluh orang hamba di Bait Suci. Mereka semua dipanggil menurut namanya.

Persiapan untuk Kembali

21 Kemudian aku mengumumkan puasa di sana, di sungai Ahawa, supaya kami merendahkan diri di hadapan Elohim dan mencari Dia, jalan kebenaran untuk kami dan anak-anak kami, dan segala harta benda kami,

22 karena aku malu untuk meminta bala tentara dan pasukan berkuda kepada raja untuk menolong kami melawan musuh sepanjang perjalanan, sebab kami telah berbicara kepada raja, dengan mengatakan, tangan Elohim kami menaungi dengan kebaikan kepada semua orang yang mencari Dia: Tetapi kuasa-Nya dan murka-Nya melawan semua orang yang meninggalkan Dia.

23 Maka kami berpuasa dan berdoa kepada Elohim kami untuk hal ini. Dan Dia berkenan mendengarkan kami.

24 Lalu aku memisahkan dua belas orang imam kepala,yaitu Serebya, Hasabya, dan sepuluh orang saudaranya bersama-sama mereka.

25 Dan aku menimbang bagi mereka perak, emas, dan perkakas-perkakas, yaitu persembahan khusus bagi Bait Elohim, yang raja dan para penasihatnya, juga para pembesarnya, serta semua orang Israel yang hadir mempersembahkannya.

26 Aku juga menimbang untuk menyerahkan ke tangan mereka enam ratus lima puluh talenta perak, seratus talenta perkakas perak, seratus talenta emas,

27 juga dua puluh bokor emas seharga seribu dirham, dan sepasang perkakas perunggu yang berkilau senilai dengan emas.

28 Dan aku berkata kepada mereka: Kamu adalah kudus bagi YAHWEH, perkakas-perkakas ini pun kudus. Perak dan emas adalah persembahan sukarela bagi YAHWEH, Elohim leluhurmu.

29 Jagalah dan peliharalah itu sampai kamu menimbangnya di hadapan para imam kepala, dan orang-orang Lewi, dan para pemimpin kaum Israel di Yerusalem, di dalam ruangan-ruangan Bait YAHWEH.

30 Kemudian para imam dan orang-orang Lewi menerima timbangan perak, emas, serta perkakas-perkakas, dan membawanya ke Yerusalem, ke Bait Elohim."

Tiba di Yerusalem

31 "Kemudian berangkatlah kami dari sungai Ahawa untuk pergi ke Yerusalem, pada hari kedua belas di bulan pertama, dan tangan Elohim menaungi kami, Dia melepaskan kami dari tangan musuh, dan para penyamun di sepanjang jalan.

32 Tibalah kami di Yerusalem lalu tinggal di sana selama tiga hari.

33 Kemudian pada hari yang keempat, perak, dan emas serta perkakas-perkakas itu ditimbang di Bait Elohim kami, di bawah pengawasan Meremot anak imam Uria. Dan bersama mereka ada Eleazar anak Pinehas, serta Yozabad anak Yeshua, dan Noaja anak Binui, orang-orang Lewi.

34 Semua hal menurut jumlah, menurut berat, dan semua timbangan dicatat pada waktu itu juga.

35 Demikian juga dengan keturunan mereka, yang keluar dari pembuangan, mereka mempersembahkan kurban bakaran kepada Elohim Israel, dua belas ekor lembu jantan untuk seluruh Israel, sembilan puluh enam ekor domba jantan, tujuh puluh tujuh ekor anak domba, dua belas ekor kambing jantan sebagai persembahan penghapus dosa. Semuanya merupakan persembahan bakaran bagi YAHWEH.

36 Dan mereka menyampaikan perintah raja kepada raja-raja wilayah juga para gubernur provinsi di seberang sungai itu. Dan orang-orang itu mendukung bangsa itu dan Bait Elohim."

Ezra 7
Ezra 9