Amos 7

Klik untuk mengganti ayat
Penglihatan Pertama: Belalang

1 Beginilah Tuhan YAHWEH telah memperlihatkan kepadaku: Tampaklah, Dia membentuk kawanan belalang di awal mula munculnya tunas yang akan tumbuh berikutnya; lalu tampaklah, tunas yang akan tumbuh berikutnya itu, setelah pemangkasan oleh raja.

2 Maka terjadilah, ketika belalang telah selesai memakan tanaman di negeri itu, aku berkata, "Ya, Tuhan YAHWEH, aku memohon kepada-Mu, ampunilah. Sebab bagaimana mungkin Yakub dapat bertahan, karena ia kecil?

3 YAHWEH dikecewakan oleh hal itu, lalu berkata: Hal itu tidak akan terjadi. Demikianlah YAHWEH berfirman."

Penglihatan Kedua: Api

4 Tuhan YAHWEH telah membuatku melihat hal ini: Tampaklah, Tuhan YAHWEH menyerukan penghukuman dengan api, dan api itu melahap samudera luas, lalu menelan bagian-bagiannya.

5 Kemudian aku berkata: "Ya, Tuhan YAHWEH, aku memohon kepada-Mu, berhentilah. Sebab bagaimana mungkin Yakub dapat bertahan, karena ia kecil?"

6 YAHWEH dikecewakan oleh hal itu, lalu berkata: "Hal itu tidak akan terjadi. Demikianlah Tuhan YAHWEH berfirman."

Penglihatan Ketiga: Tali Bandul

7 Dia telah membuat aku melihat hal ini: Dan, tampaklah Tuhan sedang berdiri di dekat tembok yang berbandul tegak lurus, dan di tangan-Nya ada tali bandul.

8 Lalu YAHWEH berfirman kepadaku: "Amos, engkau melihat apa?"Dan aku menjawab: "Sebuah tali bandul." Lalu Tuhan berfirman: "Lihatlah, Aku akan menempatkan sebuah tali bandul di tengah-tengah umat-Ku, Israel. Aku tidak akan pernah mengabaikannya lagi.

9 Dan tempat-tempat tinggi Ishak akan diruntuhkan; juga tempat-tempat kudus Israel akan disia-siakan; dan Aku akan bangkit melawan keturunan Yerobeam dengan pedang."

Amos dan Amazia

10 Kemudian Amazia, imam di Bethel, mengutus orang kepada Yerobeam, raja Israel, dengan mengatakan: Amos telah berkomplot melawan engkau di tengah-tengah keluarga Israel. Negeri ini tidak akan mampu menanggung segala perkataannya.

11 Sebab demikianlah Amos berkata: "Yerobeam akan mati oleh pedang,dan Israel pasti akan keluar dari negerinya, lalu pergi ke pembuangan."

12 Amazia mengatakan hal ini kepada Amos: Hai pelihat, pergilah, lari dan selamatkanlah dirimu ke tanah Yehuda. Makanlah roti di sana dan bernubuatlah.

13 Namun janganlah engkau bernubuat lagi di Bethel, karena kota itu adalah tempat kudus bagi raja dan tempat kediamannya.

14 Lalu Amos menjawab dan berkata kepada Amazia: "Aku bukan nabi, dan aku bukan anak seorang nabi, tetapi aku adalah seorang penggembala ternak dan pengumpul buah ara."

15 YAHWEH telah mengambilku dari belakang kawanan ternak, YAHWEH telah berkata kepadaku: "Pergi dan bernubuatlah kepada umat-Ku Israel.

16 Oleh karena itu dengarkanlah firman YAHWEH sekarang. Engkau berkata: Jangan bernubuat menentang Israel, dan jangan mengeluarkan perkataan yang menentang keturunan Ishak.

17 Maka YAHWEH mengatakan hal ini: Istrimu akan menjadi seorang pelacur di kota, dan anak-anak lelakimu serta anak-anak perempuanmu akan rebah oleh pedang, dan tanahmu akan dibagi-bagi sesuai dengan ukurannya. Kamu akan mati di tanah yang najis. Dan dari negerinya, Israel pasti akan pergi ke dalam pembuangan."

Amos 6
Amos 8