2 Timotius 2

Klik untuk mengganti ayat
Kuat Karena Anugerah

1 Sebab itu hai anakku, jadilah kuat karena anugerah di dalam Kristus YESUS.

2 Semua yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang setia, yang juga cakap untuk mengajar orang lain.

3 Hendaklah engkau turut menderita sebagai prajurit yang baik dari YESUS Kristus.

4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak dipusingkan dengan urusan-urusan kehidupan, agar ia dapat menyenangkan orang yang telah memilihnya menjadi prajurit.

5 Dan seseorang yang bertanding, ia tidak akan mendapat mahkota kecuali ia telah bertanding menurut aturan yang ada.

6 Seorang petani yang bekerja keras, seharusnya dialah yang pertama kali menikmati hasilnya.

7 Pertimbangkanlah apa yang aku katakan ini, karena Tuhan akan memberikan kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

8 Ingatlah bahwa YESUS Kristus keturunan Daud yang telah dibangkitkan dari kematian, itulah Injil yang kuberitakan.

9 Oleh karena itulah aku menderita kesukaran sampai dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Elohim tidak pernah terbelenggu.

10 Sebab itu, aku tabah menanggung semua ini demi orang-orang pilihan, supaya mereka juga mendapatkan keselamatan di dalam Kristus YESUS dalam kemuliaan yang kekal.

11 Firman ini benar: "Jika kita mati bersama Dia, kita juga akan hidup bersama Dia.

12 Jika kita tetap tabah, kita juga akan memerintah bersama Dia. Jika kita menyangkal Dia, Dia juga akan menyangkal kita.

13 Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya sendiri."

Tuhan Mengenal Miliknya

14 Ingatlah akan hal ini: Ketika bersaksi di hadapan Tuhan, janganlah bersilat kata, karena itu tidak berguna, malah melemahkan mereka yang mendengarnya.

15 Milikilah kerinduan yang besar dalam dirimu untuk berdiri di hadapan Elohim dengan sepantasnya, selaku pekerja yang tidak merasa malu dalam memilah firman Kebenaran dengan benar.

16 Hindarilah perkataan tidak senonoh dan omong kosong, karena hal itu akan menambah banyak kefasikan.

17 Perkataan mereka akan menjalar bagaikan kanker; di antara mereka ada Himeneus dan Filetus,

18 yang telah menyimpang dari kebenaran. Mereka berkata bahwa kebangkitan sudah terjadi, sehingga mengacaukan iman beberapa orang.

19 Bagaimanapun juga, dasar yang teguh dari Elohim akan terus berdiri tegak dan dimeteraikan dengan ini: "TUHAN mengenal siapa yang menjadi milik-Nya," dan, "Setiap orang yang menyebut nama Kristus, biarlah ia menjauhkan diri dari kejahatan."

20 Di dalam rumah yang besar, tidak hanya terdapat perkakas emas dan perak, tetapi juga kayu dan tanah liat; sebagian adalah barang yang berharga, dan sebagian lagi kurang berharga.

21 Oleh karena itu, apabila seseorang menyucikan diri dari semua itu, ia akan menjadi sebuah bejana yang berharga yang dikuduskan, dan berguna bagi majikannya untuk setiap pekerjaan baik yang telah dipersiapkan.

22 Sebab itu, jauhkanlah dirimu dari nafsu orang muda, kejarlah kebenaran, iman, kasih, damai sejahtera, bersama-sama mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.

23 Hindarilah perdebatan yang bodoh dan tidak mendidik, karena hal itu hanya akan menimbulkan pertengkaran.

24 Seorang hamba Tuhan seharusnya tidak bertengkar, melainkan berlaku ramah kepada semua orang, cakap mengajar, sabar,

25 dapat menuntun degan lemah lembut mereka yang suka menentang, dengan harapan bahwa Elohim akan membuat mereka bertobat dan mengenal kebenaran,

26 sehingga mereka kembali sadar dan terlepas dari perangkap iblis yang telah menawan mereka untuk mengikuti keinginannya.

2 Timotius 1
2 Timotius 3