2 Tawarikh 7

Klik untuk mengganti ayat
Upacara Penahbisan

1 Ketika Salomo selesai berdoa, kemudian api turun dari surga memakan habis persembahan bakaran juga kurban-kurban, maka kemuliaan YAHWEH memenuhi Bait itu.

2 Para imam tidak dapat masuk ke dalam Bait YAHWEH itu, karena kemuliaan YAHWEH telah memenuhi Bait YAHWEH itu.

3 Semua bani Israel yang melihat api itu turun serta kemuliaan YAHWEH meliputi Bait itu, mereka berlutut dengan muka sampai ke tanah di jalan-jalan. Menyembah dan mengucap syukur kepada YAHWEH, "Sebab Dia baik! Bahwasanya untuk selamanya kasih setia-Nya."

4 Kemudian raja beserta seluruh umat mempersembahkan kurban di hadapan YAHWEH.

5 Raja Salomo mempersembahkan kurban kawanan lembu dua puluh dua ribu ekor dan kawanan domba seratus dua puluh ribu ekor, maka raja serta seluruh umat menahbiskan Bait Elohim itu.

6 Para imam berdiri di tempat tugas mereka, juga orang-orang Lewi dengan alat-alat musik YAHWEH, yang telah raja Daud buat untuk mengucap syukur kepada YAHWEH, karena kasih setia-Nya untuk selama-lamanya. Ketika Daud memuji melalui tangan mereka, maka para imam yang meniup nafiri dan seluruh orang Israel yang berdiri ada di hadapan mereka.

7 Lalu Salomo menguduskan bagian tengah halaman yang ada di depan Bait YAHWEH, karena di sana ia mengolah persembahan bakaran juga lemak-lemak persembahan pendamaian, sebab mezbah tembaga yang telah Salomo buat, tidak dapat menampung persembahan bakaran dan persembahan sajian serta lemak-lemak itu.

8 Pada waktu itu Salomo mengadakan perayaan tujuh hari. Seluruh Israel bersama-sama dengan dia, suatu jemaat yang besar, dari jalan masuk Hamat sampai ke aliran sungai Mesir.

9 Mereka membuat pertemuan raya pada hari kedelapan, karena mereka telah mengadakan penahbisan mezbah tujuh hari dan perayaan selama tujuh hari.

10 Pada hari kedua puluh tiga, bulan ketujuh, ia menyuruh umat itu ke kemah-kemah mereka dengan gembira dan puas hati atas kebaikan yang telah YAHWEH lakukan kepada Daud, Salomo juga kepada umat-Nya, Israel.

11 Salomo menyelesaikan Bait YAHWEH dan istana raja. Semua yang timbul di hati Salomo tentang Bait YAHWEH maupun istananya, sukses dilakukannya.

YAHWEH Menjawab Salomo

12 YAHWEH menampakkan diri kepada Salomo pada malam hari lalu berfirman kepadanya, "Aku telah mendengar doamu dan telah memilih tempat ini bagi-Ku sebagai Bait untuk mempersembahkan kurban.

13 Jika Aku menutup langit sehingga tidak ada hujan, jika Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, jika Aku mengirim penyakit sampar di antara umat-Ku,

14 kemudian umat-Ku yang atasnya Nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku serta berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari surga dan akan mengampuni dosa mereka serta memulihkan negeri mereka.

15 Sekarang mata-Ku terbuka dan telinga-Ku menaruh perhatian kepada doa dari tempat ini,

16 Sekarang Aku telah memilih menguduskan Bait ini supaya Nama-Ku tinggal di sana selama-lamanya. Ya, mata-Ku dan hati-Ku akan ada di sana sepanjang masa.

17 Sekarang, jika engkau berjalan di hadapan-Ku seperti Daud ayahmu, dengan melakukan semua yang telah Aku perintahkan, yaitu memegang segala ketetapan dan peraturan-Ku,

18 maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu sebagaimana Aku telah membuat perjanjian dengan Daud, ayahmu, dengan berkata: Tidak akan terputus bagimu seorang yang memerintah di Israel.

19 Jika kamu berbalik, meninggalkan segala ketetapan dan perintah-Ku, yang telah Aku berikan di hadapanmu lalu pergi melayani ilah-ilah lain dan menyembah mereka,

20 maka Aku akan mencabut mereka dari tanah yang telah Aku berikan kepada mereka, juga Bait ini yang telah Aku kuduskan bagi Nama-Ku, karena akan Kubuang dari hadapan wajah-Ku, maka Aku akan menyerahkannya sebagai kiasan juga sebagai sindiran di antara segala bangsa.

21 Semua orang yang melewati Bait yang ditinggikan ini akan gemetar lalu berkata: Mengapa YAHWEH melakukan hal ini pada negeri dan Bait ini?

22 Kemudian mereka akan berkata: Karena mereka meninggalkan YAHWEH, Elohim leluhur mereka, yang membawa mereka keluar dari tanah Mesir lalu berpegang pada ilah-ilah lain dan menyembah kepada mereka serta melayani mereka. Sebab itu, Dia mendatangkan atas mereka segala yang buruk ini."

2 Tawarikh 6
2 Tawarikh 8