2 Tawarikh 24

Klik untuk mengganti ayat
Yoas Menjadi Raja Yehuda

1 Yoas berumur tujuh tahun pada waktu ia menjadi raja, dan empat puluh tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya Zibya, dari Bersheba.

2 Yoas melakukan apa yang benar di mata YAHWEH selama hidup imam Yoyada.

3 Lalu Yoyada mengambil dua orang istri bagi dia. Ia memiliki anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan.

Memperbaiki Bait Suci

4 Setelah itu Yoas mengarahkan hatinya untuk memperbaiki Bait YAHWEH.

5 Lalu ia mengumpulkan para imam dan orang Lewi, serta berkata kepada mereka, "Pergilah ke kota-kota Yehuda, kumpulkanlah uang dari seluruh orang Israel untuk memperbaiki Bait Elohimmu sepenuhnya dari tahun ke tahun, kamu akan melakukan hal ini secepatnya." Namun, orang-orang Lewi tidak bertindak dengan cepat.

6 Raja memanggil imam kepala Yoyada, dan berkata kepadanya, "Mengapa engkau tidak menuntut orang-orang Lewi untuk membawa dari Yehuda juga dari Yerusalem persembahan Musa, hamba YAHWEH itu dan jemaat Israel, untuk Kemah Kesaksian?

7 Karena anak-anak Atalya, orang fasik itu, telah membongkar Bait Elohim, mereka juga mempersembahkan semua perkakas kudus Bait YAHWEH untuk para Baal."

8 Kemudian raja memerintahkan mereka membuat sebuah peti, menempatkannya di sebelah luar gerbang Bait YAHWEH.

9 Lalu mereka membuat pengumuman di Yehuda juga di Yerusalem untuk membawa masuk bagi YAHWEH persembahan Musa, hamba Elohim itu, atas Israel di padang gurun.

10 Maka semua pemimpin juga seluruh rakyat bersukacita. Mereka membawa masuk persembahan dan memasukkan ke dalam peti itu sampai penuh.

11 Kemudian terjadilah, pada waktu seorang membawa masuk peti itu kepada pengawas raja melalui tangan orang-orang Lewi, ketika mereka melihat bahwa uang itu banyak sekali, panitera raja dan pejabat dari imam kepala datang lalu mengosongkan peti itu dan mengambilnya ke luar, setelah itu mengembalikan peti itu pada tempatnya. Demikianlah mereka melakukannya hari demi hari. Mengumpulkan perak dalam kelimpahannya.

12 Raja serta Yoyada menyerahkan itu kepada mereka yang melakukan pekerjaan pelayanan Bait YAHWEH. Mereka menyewa tukang pahat batu dan tukang kayu untuk memperbaiki Bait YAHWEH, juga para ahli besi dan tembaga untuk memulihkan Bait YAHWEH.

13 Maka para pekerja melakukan pekerjaan itu. Pekerjaan perbaikan itu berhasil di tangan mereka lalu mereka membangun kembali Bait Elohim dengan ukuran seperti aslinya, membuatnya semakin kuat.

14 Ketika mereka telah menyelesaikannya, mereka membawa sisa perak itu ke hadapan raja dan Yoyada. Lalu mereka membuat perkakas Bait YAHWEH, perkakas untuk pelayanan, persembahan, sendok-sendok, bahkan perkakas emas dan perak. Mereka mempersembahkan persembahan bakaran terus-menerus di Bait YAHWEH sepanjang hari-hari Yoyada.

Yoas Murtad

15 Setelah Yoyada sudah tua dan menikmati hari-harinya, matilah dia. Umurnya seratus tiga puluh tahun saat kematiannya.

16 Mereka menguburkannya di kota Daud bersama raja-raja, karena ia telah melakukan yang baik di Israel, baik kepada Elohim maupun Bait-Nya.

17 Setelah kematian Yoyada, para pemimpin Yehuda datang bersujud kepada raja, kemudian raja mendengarkan mereka.

18 Karenanya mereka meninggalkan Bait YAHWEH, Elohim leluhur mereka, melayani para Asherah dan berhala-berhala itu, maka terjadilah murka atas Yehuda dan Yerusalem karena kesalahan ini.

19 Tetapi Dia mengutus nabi-nabi di antara mereka untuk membawa mereka kembali kepada YAHWEH. Mereka bersaksi kepadanya, tetapi mereka tidak mau mendengarkannya.

20 Maka Roh Elohim datang ke atas Zakharia, anak imam Yoyada, ia berdiri di depan rakyat dan berkata kepada mereka, "Demikianlah Elohim berfirman: Mengapa kamu melanggar perintah YAHWEH sehingga kamu tidak beruntung? Karena kamu meninggalkan YAHWEH, Dia pun meninggalkan kamu."

21 Maka mereka bersekongkol melawannya lalu melemparinya dengan batu atas perintah raja, di halaman Bait YAHWEH.

22 Raja Yoas tidak mengingat kebaikan yang telah Yoyada, ayahnya, lakukan kepadanya, tetapi malah membunuh anaknya, sehingga menjelang mati, ia berkata, "YAHWEH memperhatikan hal ini serta akan membalasnya!"

Aram Menyerbu Yehuda

23 Maka terjadilah, pada pergantian tahun, tentara Aram datang melawannya. Mereka datang ke Yehuda dan Yerusalem untuk menghancurkan semua pemimpin rakyat itu. Mereka mengirim segala jarahan kepada raja Damshik.

24 Lalu dalam jumlah kecil prajurit-prajurit pasukan Aram telah datang, tetapi YAHWEH telah menyerahkan ke dalam tangan mereka pasukan yang sangat besar, karena mereka telah meninggalkan YAHWEH, Elohim leluhur mereka. Demikianlah mereka melakukan penghukuman terhadap Yoas.

Yoas Dibunuh

25 Dan ketika mereka pergi dari padanya, mereka meninggalkannya dalam rasa sakit yang hebat, pelayan-pelayannya sendiri bersekongkol melawan dia karena darah anak-anak imam Yoyada, lalu mereka membunuhnya di tempat tidurnya, dan mati. Kemudian mereka menguburkannya di kota Daud, tetapi tidak menguburkannya di pekuburan raja-raja.

26 Orang-orang yang bersekongkol melawannya adalah Zabad anak Simeat wanita Amon, dan Yozabad anak Simrit wanita Moab.

27 Tentang anak-anaknya dan banyaknya pesan ilahi kepadanya juga mengenai fondasi Bait Elohim, lihatlah yang tertulis pada tafsir kitab Raja-raja. Lalu Amazia, anaknya, memerintah menggantikannya.

2 Tawarikh 23
2 Tawarikh 25