2 Tawarikh 22

Klik untuk mengganti ayat
Ahazia Menjadi Raja Yehuda

1 Kemudian penduduk Yerusalem mengangkat Ahazia, anaknya yang bungsu, menjadi raja menggantikan dia karena semua anaknya yang lebih tua telah dibunuh oleh gerombolan yang datang ke perkemahan bersama-sama orang-orang Arab untuk berperang. Maka Ahazia anak Yoram, raja Yehuda, menjadi raja.

2 Ahazia berumur empat puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja, setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya adalah Atalya anak perempuan Omri.

3 Ia berjalan di jalan keluarga Ahab, karena ibunya telah menjadi penasihat baginya untuk melakukan yang jahat.

4 Ia melakukan apa yang jahat di mata YAHWEH seperti keluarga Ahab, karena mereka menjadi penasihatnya setelah kematian ayahnya, hal itu membawa pada kehancurannya.

5 Ia juga berjalan dalam nasihat mereka lalu pergi bersama Yoram anak Ahab, raja Israel, untuk berperang melawan Hazael, raja Aram, di Ramot-Gilead. Namun orang Aram memukul Yoram.

6 Setelah itu, ia kembali untuk mendapat kesembuhan di Yizreel, karena luka-luka yang telah mereka dapatkan di Rama pada waktu ia berperang melawan Hazael, raja Aram. Lalu Ahazia anak Yoram, raja Yehuda, pergi menjenguk Yoram anak Ahab di Yizreel, karena ia sakit.

7 Kepergiannya ke Yoram adalah kesempatan dari Elohim karena kejatuhan Ahazia, ketika ia datang, ia pergi bersama Yoram melawan Yehu, anak Nimsi, yang telah YAHWEH urapi untuk melenyapkan keluarga Ahab.

8 Kemudian terjadilah, ketika Yehu melakukan penghukuman atas keluarga Ahab, bahwa ia menjumpai pembesar Yehuda dan anak-anak saudara Ahazia, hamba-hamba Ahazia, lalu membunuh mereka.

9 Dan ia mencari Ahazia, mereka menawannya saat ia sedang bersembunyi di Samaria, kemudian membawanya kepada Yehu, membunuhnya dan menguburkannya, karena mereka berkata, "Oleh karena ia adalah keturunan Yosafat, yang mencari YAHWEH dengan segenap hatinya." Tidak ada seorang pun dari keluarga Ahazia dapat mempertahankan kekuasaannya atas kerajaan itu.

Atalya Merebut Takhta

10 Lalu Atalya, ibu Ahazia, melihat bahwa anaknya sudah mati, sehingga ia bangkit dan berkata untuk membinasakan semua benih kerajaan dari kaum Yehuda.

11 Yosabat, anak perempuan raja mengambil Yoas anak Ahazia dan menculiknya dari antara anak-anak raja yang hendak dibunuh, kemudian menempatkan dia dengan inang pengasuhnya ke dalam bangsal di ruang tidur. Yosabat anak perempuan raja Yoram, istri imam Yoyada, karena ia adalah saudara perempuan Ahazia, menyembunyikan dia dari hadapan Atalya, supaya ia tidak membunuhnya.

12 Lalu ia bersama mereka di Bait Elohim, menyembunyikannya selama enam tahun, dan Atalya memerintah atas negeri itu.

2 Tawarikh 21
2 Tawarikh 23