2 Tawarikh 15

Klik untuk mengganti ayat
Kebangkitan di Bawah Kepemimpinan Asa

1 Lalu Roh Elohim datang ke atas Azarya anak Oded.

2 Ia pergi menghadap Asa dan berkata kepadanya, "Dengarlah aku, Asa dan seluruh Yehuda juga Benyamin! YAHWEH menyertaimu selama kamu bersama-Nya. Dan jika kamu mencari-Nya, Dia berkenan engkau temui. Namun bilamana kamu meninggalkan-Nya, Dia akan meninggalkanmu.

3 Dan dalam waktu yang lama, Israel tanpa kebenaran Elohim, dan tanpa imam yang mengajar, dan tanpa Taurat.

4 Saat mereka dalam kesesakan berbalik kepada YAHWEH, Elohim Israel. Mereka mencari-Nya dan Dia berkenan mereka temui.

5 Pada masa itu tidak ada damai sejahtera untuk yang keluar dan yang masuk, karena banyak kekacauan pada seluruh penduduk negeri.

6 Mereka diremukkan, bangsa melawan bangsa, kota melawan kota. Sebab Elohim mengacaukan mereka dengan berbagai kesesakan.

7 Namun kamu, jadilah kuat, dan jangan biarkan tanganmu goyah, karena ada upah bagi usahamu!"

8 Ketika Asa mendengar perkataan dan nubuat nabi Oded, ia membuat dirinya kuat lalu menyingkirkan berhala-berhala kejijikan ke luar dari tanah Yehuda dan Benyamin serta kota-kota yang telah ia rebut di pegunungan Efraim. Dan ia memperbarui mezbah YAHWEH yang ada di depan serambi YAHWEH.

9 Lalu ia mengumpulkan seluruh Yehuda dan Benyamin serta orang-orang asing dari Efraim, Manashe dan Simeon yang telah berbondong-bondong keluar dari Israel dan berpihak kepada Asa karena mereka melihat bahwa YAHWEH, Elohimnya, menyertainya.

10 Mereka dikumpulkan di Yerusalem pada bulan ketiga tahun kelima belas pada pemerintahan Asa.

11 Mereka mengurbankan kepada YAHWEH, tujuh ratus lembu-lembu dan membawa tujuh ribu kambing domba dari hasil jarahan.

12 Mereka masuk ke dalam perjanjian untuk mencari YAHWEH, Elohim leluhur mereka, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa mereka.

13 Maka setiap orang yang tidak mencari YAHWEH, Elohim Israel, akan mati, dari yang kecil sampai yang besar, baik pria maupun wanita.

14 Mereka bersumpah kepada YAHWEH dengan suara nyaring, sorak-sorai, dengan nafiri, juga dengan sangkakala.

15 Seluruh Yehuda bersukacita atas sumpah itu, karena mereka bersumpah dengan segenap hati, mereka mencari-Nya dengan segala kerinduan. Maka Dia berkenan ditemui oleh mereka. Lalu YAHWEH memberi ketenangan kepada mereka di segala penjuru.

16 Lebih jauh, Maakha, ibunda raja Asa, telah dipecatnya dari jabatan ibu suri, karena ia telah membuat berhala Asherah yang menjijikkan. Lalu Asa menghancurkan hal-hal yang menjijikkan itu, melumatnya serta membakarnya di sungai Kidron.

17 Namun ia tidak menyingkirkan tempat-tempat pemujaan dari Israel, dan hati Asa merasa damai sepanjang umurnya.

18 Ia membawa persembahan-persembahan kudus ayahnya, persembahan-persembahan kudusnya sendiri, ke dalam Bait Elohim, perak dan emas serta perkakas-perkakas lain.

19 Dan tidak ada perang sampai pada tahun ketiga puluh lima masa pemerintahan Asa.

2 Tawarikh 14
2 Tawarikh 16