2 Tawarikh 10

Klik untuk mengganti ayat
Kerajaan Terbagi

1 Rehabeam pergi ke Sikhem karena seluruh Israel telah datang ke Sikhem untuk menjadikannya raja.

2 Kemudian ketika Yerobeam anak Nebat yang berada di Mesir mendengar, setelah ia melarikan diri dari hadapan raja Salomo, maka kembalilah Yerobeam dari Mesir.

3 Mereka mengutus dan memanggilnya. Maka Yerobeam beserta seluruh orang Israel datang lalu berkata kepada Rehabeam,

4 "Ayahmu telah membuat kuk kami berat, sekarang buatlah ringan pekerjaan yang berat dari ayahmu, juga kuknya yang telah ia taruh atas kami, maka kami akan melayani engkau."

5 Ia berkata kepada mereka, "Datanglah kembali kepadaku dalam tiga hari." Lalu pergilah rakyat itu."

6 Dan raja Rehabeam meminta nasihat kepada para tua-tua yang berdiri di hadapan Salomo, ayahnya, ketika ia masih hidup, dengan berkata, "Bagaimanakah kamu menasihati untuk menjawab rakyat ini?"

7 Mereka berkata kepadanya, "Jika engkau mau berlaku baik terhadap rakyat, menyenangkan mereka, juga mengatakan kata-kata yang baik kepada mereka, maka mereka menjadi hamba-hambamu selama-lamanya."

8 Namun ia mengabaikan pertimbangan dari tua-tua yang telah menasihatinya, lalu berunding bersama dengan orang-orang muda yang bertumbuh bersamanya, dan yang berdiri di hadapannya.

9 Kemudian ia berkata kepada mereka, "Apakah nasihatmu supaya kita dapat menjawab rakyat yang telah berbicara kepadaku, dengan mengatakan: Ringankanlah beban yang telah ayahmu taruh atas kami!"

10 Lalu orang-orang muda yang bertumbuh bersamanya itu berkata, "Engkau akan berbicara kepada rakyat yang telah berkata kepadamu: Ayahmu telah membuat kuk kami berat, tetapi engkau, ringankanlah kuk kami, inilah yang akan engkau katakan kepada mereka: Jari kelingkingku lebih tebal daripada pinggang ayahku.

11 Sekarang, ayahku telah menaruh sebuah kuk atasmu, sesungguhnya aku akan menambahkan kukmu. Ayahku telah menghajar kamu dengan cambuk, maka aku dengan kalajengking."

12 Kemudian Yerobeam dengan semua rakyat datang kepada Rehabeam, pada hari yang ketiga, seperti yang telah raja perintahkan, dengan berkata, "Kembalilah kepadaku pada hari yang ketiga."

13 Lalu raja menjawab mereka dengan tajam, karena raja Rehabeam telah menolak pertimbangan para tua-tua.

14 Ia berbicara kepada mereka sesuai dengan pertimbangan orang-orang muda, dengan mengatakan, "Ayahku telah membuat berat kukmu, maka sesungguhnya aku akan menambahnya. Ayahku telah menghajar kamu dengan cambuk, aku dengan kalajengking."

15 Juga raja tidak mendengarkan rakyatnya, karena hal itu datangnya dari Elohim, supaya YAHWEH meneguhkan firman yang telah Dia ucapkan dengan perantaraan Ahia, orang Silo, kepada Yerobeam anak Nebat.

16 Lalu seluruh Israel, tatkala raja tidak mendengarkan mereka, maka rakyat menjawab raja dengan berkata, "Apakah bagian milik kami bersama Daud? Ya, tidak ada warisan bersama anak Isai. Masing-masing ke kemahmu, hai orang Israel! Sekarang, uruslah keluargamu sendiri, hai Daud!" Maka pergilah seluruh orang Israel ke kemahnya.

17 Dan Rehabeam menjadi raja atas orang Israel yang tinggal di kota-kota Yehuda.

18 Ketika raja Rehabeam mengutus Hadoram yang mengepalai kerja paksa, bani Israel melempari dia dengan batu dan mati. Maka raja Rehabeam bergegas naik ke dalam kereta untuk melarikan diri ke Yerusalem.

19 Sejak saat itu, rakyat bagian utara kerajaan Israel memberontak terhadap raja-raja keturunan Daud.

2 Tawarikh 9
2 Tawarikh 11