2 Samuel 7

Klik untuk mengganti ayat
Perjanjian YAHWEH dan Daud

1 Ketika raja menetap di rumahnya, YAHWEH mengaruniakan kepadanya ketenangan dari semua musuh di sekelilingnya.

2 Berkatalah raja kepada nabi Nathan, "Lihatlah sekarang, aku tinggal di sebuah rumah yang terbuat dari kayu aras, padahal tabut Elohim ditempatkan di dalam kemah."

3 Lalu Nathan berkata kepada raja, "Pergilah dan lakukanlah segala yang ada di dalam hatimu, sebab YAHWEH menyertai engkau."

4 Namun pada malam itu firman YAHWEH datang kepada Nathan, dengan mengatakan,

5 "Pergilah dan haruslah engkau katakan kepada hambaku Daud." Beginilah YAHWEH berfirman, "Apakah engkau akan membangun sebuah bait bagi-Ku untuk tempat kediaman-Ku?

6 Sebab Aku tidak pernah berdiam dalam sebuah bait sejak hari Aku membawa orang Israel ke luar dari Mesir, bahkan sampai hari ini. Tetapi Aku telah ikut berjalan ke sana ke sini dalam sebuah kemah, yaitu di dalam sebuah Tabernakel.

7 Di seluruh tempat di mana Aku pergi bersama-sama orang Israel, pernahkah Aku mengucapkan sepatah kata kepada salah satu suku yang Aku perintahkan untuk menggembalakan umat-Ku Israel, dengan mengatakan, "Mengapa engkau tidak membuatkan bagi-Ku sebuah bait dari kayu aras?"

8 Sekarang, demikianlah yang harus engkau katakan kepada hamba-Ku Daud, beginilah firman YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam: "Akulah yang mengambil engkau dari tempatmu, yaitu tempat di mana engkau menggembalakan kambing domba dan Kuangkat untuk menjadi raja atas umat-Ku, Israel.

9 Aku telah menyertaimu ke mana pun engkau pergi dan telah menghancurkan semua musuhmu dari hadapanmu, juga telah membuat namamu besar, seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi.

10 Aku akan menentukan sebuah tempat bagi umat-Ku Israel dan menempatkan mereka, supaya mereka dapat berdiam di tempatnya sendiri dan tidak menjadi gentar lagi, juga orang-orang lalim tidak akan merendahkan mereka lagi seperti dulu.

11 Bahkan sejak Aku mengangkat para hakim atas umat-Ku Israel, Aku mengaruniakan ketenangan bagimu dari semua musuhmu. YAHWEH juga menyatakan kepadamu bahwa YAHWEH akan mendirikan keluarga bagimu.

12 Apabila waktumu telah tiba dan engkau mendapat peristirahatan bersama leluhurmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu sesudah engkau, yaitu keturunan yang berasal dari benihmu dan Aku akan mengukuhkan kerajaannya sampai selama-lamanya.

13 Dia akan membangun sebuah Bait bagi Nama-Ku. Aku akan mengukuhkan takhta kerajaannya.

14 Aku akan menjadi Bapa baginya dan ia akan menjadi anakKu. Apabila ia melakukan kesalahan, Aku akan menegur dan memukulnya dengan sebuah tongkat dan pukulan-pukulan oleh manusia.

15 Namun belas kasihanKu tidak akan meninggalkannya, seperti saat Aku mengambilnya dari Saul, yang telah Aku singkirkan dari hadapanmu.

16 Keluarga dan kerajaanmu akan dikukuhkan di hadapanmu untuk selamanya. Demikian pula takhtamu akan kukuh untuk selamanya."

17 Maka sesuai dengan semua perkataan dan penglihatan ini, maka demikianlah Nathan berbicara kepada Daud.

Doa Syukur Daud

18 Kemudian masuklah raja Daud lalu duduk di hadapan YAHWEH, serta berkata, "Siapakah aku ini ya Tuhan YAHWEH, dan siapakah keluargaku sehingga Engkau membawaku hingga sedemikian ini?

19 Bahkan ini pun merupakan hal yang kecil dalam pandangan-Mu, ya Tuhan YAHWEH. Engkau juga telah berbicara tentang keluarga hamba-Mu di masa yang akan datang. Inikah keberadaan manusia, ya Tuhan YAHWEH?

20 Lalu, apalagi yang dapat Daud katakan kepada-Mu? Karena Engkau mengenal hamba-Mu ini ya Tuhan YAHWEH.

21 Oleh karena firman-Mu dan seturut isi hati-Mu, Engkau telah melakukan semua perkara besar ini dan membuat hamba-Mu mengetahuinya.

22 Sebab itu ya Tuhan YAHWEH, Engkaulah yang besar, sungguh tidak ada yang seperti Engkau dan tidak ada Elohim selain Engkau dari antara semua yang pernah kami dengar dengan telinga kami.

23 Adakah bangsa di bumi yang seperti umat-Mu Israel, yang kepadanya, Elohim telah pergi untuk menebusnya sebagai umat bagi diri-Nya, mengukuhkan Nama-Nya, bahkan melakukan perbuatan yang besar dan mengagumkan bagi mereka, di hadapan umat-Mu yang telah Engkau tebus bagi-Mu dari Mesir, dan dari bangsa-bangsa serta ilah-ilah mereka?

24 Ya, Engkau telah mengukuhkan bagi-Mu, umat-Mu Israel, menjadi umat-Mu untuk selamanya. Sebab Engkau, ya YAHWEH telah menjadi Elohim mereka.

25 Sekarang, ya YAHWEH, Elohim, teguhkanlah firman yang telah Engkau ucapkan mengenai hamba-Mu ini dan mengenai keluarganya untuk selamanya. Lakukanlah seperti yang telah Engkau ucapkan.

26 Biarlah nama-Mu menjadi besar untuk selamanya, dengan mengatakan, YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam adalah Elohim atas Israel dan biarlah keluarga hamba-Mu Daud ditegakkan di hadapan-Mu.

27 Sebab Engkau, ya YAHWEH Tsebaot, YAHWEH Semesta Alam, Elohim Israel, Engkau telah membuka telinga hamba-Mu, ketika mengatakan: Aku akan membangun sebuah kaum keluarga bagimu. Itu sebabnya, hamba-Mu ini memberanikan diri untuk memanjatkan doa ini kepada-Mu.

28 Sekarang, ya Tuhan YAHWEH, Engkaulah Elohim, dan firman-Mu adalah kebenaran, Engkau telah menjanjikan kebaikan ini kepada hamba-Mu.

29 Berkatilah keluarga hamba-Mu ini supaya tetap ada di hadapan-Mu sampai selama-lamanya. Sebab, Engkau ya Tuhan YAHWEH, telah berfirman, oleh berkat-Mu keluarga hamba-Mu ini diberkati selama-lamanya."

2 Samuel 6
2 Samuel 8