2 Raja-raja 23

Klik untuk mengganti ayat
Perjanjian Diperbarui

1 Kemudian raja mengutus orang untuk mengumpulkan tua-tua Yehuda juga Yerusalem untuk menghadapnya.

2 Lalu raja pergi ke Bait YAHWEH bersama dengan setiap orang Yehuda, juga semua penduduk Yerusalem, serta para imam, para nabi dan semua rakyat, dari yang kecil sampai yang besar; lalu ia membacakan ke telinga mereka semua perkataan dari kitab perjanjian yang ditemukan di Bait YAHWEH itu.

3 Raja berdiri dekat pilar dan mengadakan perjanjian di hadapan YAHWEH, untuk berjalan mengikuti YAHWEH dan memelihara perintah-Nya, kesaksian-Nya, dan ketetapan-Nya dengan segenap hati dan dengan sepenuh jiwanya, serta menjunjung tinggi perkataan yang tertulis dalam kitab itu. Kemudian seluruh rakyat sepakat dengan perjanjian itu.

Pembaruan yang Dilakukan Yosia

4 Raja memerintahkan Imam Besar Hilkia dan para imam tingkat kedua, serta para penjaga pintu untuk mengeluarkan dari Bait YAHWEH segala perkakas yang telah dibuat untuk Baal, untuk Asherah, dan untuk segenap tentara langit. Lalu ia membakarnya di luar Yerusalem, di padang Kidron, dan mengangkut abunya ke Bethel.

5 Ia telah memberhentikan para imam berhala asing, yang telah raja-raja Yehuda tetapkan untuk membakar dupa di tempat-tempat pemujaan di kota-kota Yehuda dan di sekitar Yerusalem; juga mereka yang membakar dupa kepada Baal, kepada matahari, dan kepada bulan, juga kepada planetplanet, serta kepada segenap tentara langit.

6 Ia membawa patung Asherah dari Bait YAHWEH ke luar Yerusalem, ke aliran sungai Kidron, dan ia membakarnya di sana, dan melumatkannya menjadi abu, lalu melemparkan abunya ke atas kuburan anak-anak bangsa itu.

7 Ia merobohkan rumah-rumah pelacuran bakti yang ada di Bait YAHWEH, di sanalah tempat para wanita yang menenun sarung untuk Asherah.

8 Ia menyuruh semua imam dari kota-kota Yehuda datang, lalu menajiskan tempat-tempat pemujaan, tempat para imam membakar dupa dari Geba sampai ke Bersheba; ia merobohkan tempat-tempat pemujaan di pintu-pintu gerbang yang berada di jalan masuk gerbang Yoshua, gubernur kota itu, juga yang berada di sebelah kiri pintu gerbang kota itu.

9 Namun para imam tempat-tempat pemujaan itu tidak naik ke mezbah YAHWEH di Yerusalem, tetapi mereka memakan roti yang tidak beragi di tengah-tengah saudara mereka.

10 Ia menajiskan Tofet yang berada di lembah Ben-Hinom, supaya jangan seorang pun membuat anak-anak lelakinya dan anak-anak perempuannya sebagai kurban bakaran bagi Molokh.

11 Ia menghentikan persembahan kudakuda, yang diberikan raja-raja Yehuda kepada matahari di pintu masuk Bait YAHWEH dekat ruang Natan-Melekh, sida-sida yang tinggal di pinggir kota; dan keretakereta perang bagi matahari telah dibakarnya dengan api.

12 Kemudian mezbah-mezbah yang ada di atas atap kamar Ahas, yang telah dibuat oleh raja-raja Yehuda, juga mezbah-mezbah yang dibuat Manashe di kedua pelataran Bait YAHWEH, telah dirobohkan dan diremukkan dari sana oleh raja; lalu ia melemparkan abunya ke aliran sungai Kidron.

13 Raja juga telah menajiskan tempat-tempat pemujaan yang berada di depan Yerusalem, di sebelah kanan gunung Mashehit, yang telah didirikan oleh Salomo, raja Israel, untuk Ashtoret, dewi kejijikan orang Sidon, dan untuk Kamos, dewa kejijikan orang Moab, serta untuk Milkom, dewa kebencian bani Amon.

14 Ia meremukkan tugutugu berhala, dan menghancurkan patung-patung Asherah, lalu memenuhi tempat itu dengan tulang-tulang manusia.

15 Lebih lagi, mezbah yang ada di Bethel, tempat pemujaan yang telah dibuat oleh Yerobeam, anak Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa, baik mezbah itu maupun tempat pemujaannya telah dirobohkannya; lalu ia membakar tempat pemujaan itu, melumatkannya menjadi abu, kemudian ia membakar patung Asherah.

16 Kemudian Yosia berpaling dan ia melihat pekuburan yang ada di sana, di gunung, lalu ia menyuruh orang untuk mengambil tulang-tulang dari pekuburan itu, dan membakarnya di atas mezbah, serta menajiskannya, sesuai dengan firman YAHWEH yang telah abdi Elohim beritakan, yakni orang yang telah menyerukan hal ini.

17 Ia berkata, "Tugu peringatan apakah yang aku lihat ini?" Lalu orang-orang di kota itu menjawabnya, "Itulah kuburan abdi Elohim yang datang dari Yehuda dan yang telah memberitakan perkara-perkara ini, segala yang telah engkau lakukan terhadap mezbah di Bethel."

18 Ia berkata, "Biarkan saja itu, jangan seorang pun menyentuh tulang-tulangnya." Kemudian mereka membiarkan tulang-tulangnya bersama tulang-tulang nabi yang telah datang dari Samaria itu.

19 Dan semua kuil tempat pemujaan yang ada di kota Samaria, yang telah dibangun oleh raja-raja Israel, sehingga menimbulkan murka-Nya, maka Yosia menyingkirkannya dan memperlakukannya sesuai dengan tindakan yang dia lakukan di Bethel.

20 Di atas mezbah itu, ia membunuh semua imam-imam yang berada di tempat-tempat pemujaan ketika mereka sedang bertugas dan juga membakar tulang-tulang manusia yang di atasnya; kemudian ia pulang ke Yerusalem.

Paskah Diadakan Bagi Elohim

21 Kemudian raja memerintahkan kepada seluruh bangsa itu, dengan berkata, "Buatlah Paskah bagi YAHWEH, Elohimmu, seperti yang tertulis dalam kitab Perjanjian ini!"

22 Sesungguhnya tidak pernah diadakan suatu Paskah seperti ini sejak zaman para hakim yang memerintah atas Israel, bahkan sepanjang zaman raja-raja Israel dan raja-raja Yehuda;

23 tetapi pada tahun kedelapan belas zaman raja Yosia, Paskah ini diadakan bagi YAHWEH di Yerusalem.

Yosia Menyingkirkan Berhala

24 Yosia menyingkirkan para pemanggil arwah, para pemanggil roh, peramal, juga Terafim, dan berhala-berhala, serta semua kejijikan yang terlihat di tanah Yehuda dan di Yerusalem, supaya teguh perkataan Taurat yang tertulis dalam kitab yang telah ditemukan oleh imam Hilkia di Bait YAHWEH.

25 Sebelum Yosia, tidak ada seorang pun raja yang seperti dirinya, yang berbalik kepada YAHWEH dengan segenap hatinya, sepenuh jiwanya, dan segenap kekuatannya, sesuai dengan seluruh Taurat Musa; dan sesudah Yosia, tidak ada seorang pun yang seperti dirinya.

26 Tetapi YAHWEH tidak beralih dari amarah-Nya yang berkobarkobar, yang telah bangkit terhadap Yehuda, karena semua perbuatan yang telah Manashe lakukan terhadap-Nya.

27 Kemudian YAHWEH berfirman, "Aku juga akan menjauhkan Yehuda dari hadapan-Ku, sebagaimana Aku telah menjauhkan orang Israel; Aku akan menolak kota yang telah Aku pilih, yakni Yerusalem dan rumah yang telah Aku firmankan, bahwa Nama-Ku akan tinggal di sana."

Kematian Yosia

28 Selebihnya dari perbuatan Yosia dan semua yang telah ia lakukan, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab Tawarikh Raja-raja Yehuda?

29 Pada zaman itu Firaun Nekho, raja Mesir, maju melawan raja Ashur di tepi sungai Efrat. Raja Yosia pergi menghadapinya, tetapi Firaun membunuhnya di Megido ketika ia melihatnya.

30 Hamba-hambanya mengangkat mayatnya dari Megido dan membawanya ke Yerusalem, kemudian menguburkannya dalam kuburnya sendiri. Maka rakyat negeri itu menjemput Yoahas, anak Yosia, dan mengurapinya serta mengangkatnya menjadi raja menggantikan ayahnya.

Yoahas Menjadi Raja Yehuda

31 Yoahas berumur dua puluh tiga tahun pada waktu ia mulai memerintah dan ia memerintah selama tiga bulan di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hamutal, anak perempuan Yeremia, dari Libna.

32 Ia melakukan apa yang jahat di mata YAHWEH, seperti semua perbuatan yang telah dilakukan leluhurnya.

33 Lalu Firaun Nekho mengurungnya di Ribla, di tanah Hamat, supaya ia tidak memerintah di Yerusalem; ia juga membebankan pada negeri itu denda sebesar seratus talenta perak dan satu talenta emas.

Yoyakim Menjadi Raja Yehuda

34 Kemudian Firaun Nekho mengangkat Elyakim, anak Yosia, menjadi raja menggantikan Yosia, ayahnya dan mengganti namanya menjadi Yoyakim; lalu ia membuang Yoahas dan membawanya ke Mesir, di sanalah ia mati.

35 Lalu Yoyakim menyerahkan perak dan emas kepada Firaun, tetapi ia menarik pajak dari negeri itu, supaya ia dapat memberikan perak sesuai perintah Firaun; ia menekan rakyat negeri itu demi mendapatkan perak dan emas, setiap orang sesuai dengan nilai yang sudah ditentukan, lalu memberikannya kepada Firaun Nekho.

36 Yoyakim berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia memerintah, dan ia memerintah di Yerusalem selama sebelas tahun. Nama ibunya ialah Zebuda, anak Pedaya, dari Ruma.

37 Ia melakukan apa yang jahat di mata YAHWEH seperti semua perbuatan yang telah dilakukan leluhurnya.

2 Raja-raja 22
2 Raja-raja 24