2 Raja-raja 17

Klik untuk mengganti ayat
Hosea Menjadi Raja Israel

1 Pada tahun kedua belas zaman Ahas, raja Yehuda, Hosea, anak Ela, memerintah atas Israel di Samaria, selama sembilan tahun.

2 Namun ia melakukan apa yang jahat di mata YAHWEH, tetapi tidak seperti raja-raja Israel yang sebelumnya.

3 Salmaneser, raja Ashur datang menyerangnya; lalu Hosea takluk serta membayar upeti kepadanya.

4 Raja Ashur mendapati persekongkolan di pihak Hosea, karena Hosea telah mengirimkan para utusan kepada So, raja Mesir, dan tidak memberikan upeti kepada raja Ashur, tahun demi tahun; maka raja Ashur menangkapnya, dan membelenggunya dalam penjara.

5 Raja Ashur menjelajahi seluruh negeri itu, dan menyerang Samaria, serta mengepungnya selama tiga tahun.

Kejatuhan Samaria

6 Pada tahun kesembilan zaman Hosea, raja Ashur merebut Samaria dan mengangkut orang-orang Israel ke Ashur, lalu menempatkan mereka di Halah dan di Habor, di tepi sungai Gozam, serta di kota-kota orang Madai.

Penyebab Kejatuhan Israel

7 Hal itu terjadi karena bani Israel telah berdosa terhadap YAHWEH, Elohim mereka, yang telah menuntun mereka keluar dari tanah Mesir, dari kekuasaan Firaun, raja Mesir; juga karena mereka menyembah ilah-ilah lain,

8 dan berjalan menurut ketetapan bangsa-bangsa lain yang telah YAHWEH halau dari hadapan orang Israel, juga dari raja-raja Israel yang telah mereka angkat.

9 Bani Israel telah melakukan dengan sembunyi-sembunyi perkara-perkara yang tidak patut di hadapan YAHWEH, Elohim mereka; mereka membangun tempattempat pemujaan di setiap kota, mulai dari menara jaga hingga pagar kota,

10 mereka juga mendirikan tugu-tugu berhala serta ilah-ilah pada setiap bukit yang tinggi, di bawah setiap pohon yang rimbun;

11 serta membakar dupa di sana, di atas tempat-tempat pemujaan, seperti bangsa-bangsa yang telah YAHWEH halau dari depan mereka; sungguh, mereka telah melakukan hal-hal yang jahat sehingga membangkitkan kemarahan YAHWEH.

12 Sebab mereka beribadah kepada berhala-berhala, sekalipun YAHWEH telah berfirman kepada mereka, "Kamu jangan melakukan hal ini!"

13 Maka YAHWEH telah bersaksi menentang Israel dan Yehuda melalui perantaraan semua nabiNya dan semua pelihat, dengan berkata, "Berbaliklah dari jalanmu yang jahat dan peliharalah segala perintah-Ku, juga ketetapan-Ku, sesuai dengan seluruh Taurat yang telah Aku perintahkan kepada leluhurmu dan yang telah Aku sampaikan kepadamu melalui perantaraan hamba-Ku, para nabi."

14 Tetapi mereka tidak mendengarkannya, melainkan menegarkan tengkuknya seperti leluhurnya yang tetap tidak setia kepada YAHWEH, Elohim mereka;

15 dan menolak ketetapan-Nya juga perjanjian-Nya yang telah Dia buat dengan leluhur mereka; juga peringatan-Nya yang telah Dia nyatakan dalam melawan mereka. Sungguh, mereka mengejar perkara yang sia-sia dan telah menjadi sia-sia, mereka juga mengikuti bangsa-bangsa yang berada di sekeliling mereka, walaupun YAHWEH telah memerintahkan agar mereka tidak melakukannya.

16 Kemudian mereka meninggalkan semua perintah YAHWEH, Elohim mereka, dan telah membuat bagi dirinya patung-patung tuangan, yaitu dua anak lembu, juga patung Asherah, dan sujud kepada semua tentara langit, serta beribadah kepada Baal,

17 yang menyebabkan anak-anak laki-laki mereka dan anak-anak perempuan mereka masuk ke dalam api; mereka juga melakukan tenung serta telaah, memperbudak diri dengan melakukan yang jahat di mata YAHWEH, sehingga membangkitkan amarah-Nya.

18 Dengan demikian YAHWEH sangat murka terhadap Israel dan menjauhkan mereka dari hadapan-Nya, tidak ada yang tertinggal, kecuali suku Yehuda sendiri.

19 Yehuda juga tidak memelihara perintah YAHWEH, Elohim mereka, dan mereka tidak berjalan menurut ketetapan yang telah dibuat oleh Israel.

20 Maka YAHWEH menolak semua keturunan Israel, dan menindas mereka, lalu menyerahkan mereka ke dalam tangan para perampok sampai Dia membuang mereka dari hadapan-Nya.

Ringkasan Sejarah Israel

21 Karena Dia telah mengoyakkan Israel dari keluarga Daud, dan mereka mengangkat Yerobeam anak Nebat menjadi raja. Tetapi Yerobeam membujuk Israel untuk tidak mengikuti YAHWEH, dan mengakibatkan mereka melakukan dosa besar.

22 Kemudian Israel berjalan menurut segala dosa yang telah Yerobeam lakukan, dan mereka tidak berpaling daripadanya,

23 sehingga YAHWEH menjauhkan Israel dari hadapan-Nya, seperti yang telah Dia katakan melalui perantaraan semua hambaNya, para nabi. Jadi orang Israel dibuang dari negerinya ke Ashur sampai hari ini.

Israel Tempat Perlindungan Bangsa-Bangsa Asing

24 Raja Ashur mengangkut orang dari Babilon, dari Kuta, Awa, Hamat, dan Sefarwaim, lalu menyuruh mereka tinggal di kota-kota Samaria menggantikan orang Israel. Orang-orang itu pun menduduki Samaria dan tinggal di kota-kotanya.

25 Pada awal mula mereka tinggal di sana, mereka tidak takut akan YAHWEH. Kemudian YAHWEH melepaskan singa-singa ke antara mereka dan membunuh beberapa orang di antara mereka.

26 Lalu, mereka berkata kepada raja Ashur, "Bangsa-bangsa yang telah engkau buang dan tempatkan di kota-kota Samaria tidaklah mengenal aturan Elohim negeri itu, dan Dia telah melepaskan singa-singa ke tengah-tengah mereka; maka lihatlah, singa-singa itu telah membunuh mereka, karena mereka tidak mengenal aturan Elohim negeri itu."

27 Lalu raja Ashur memberi perintah dengan berkata, "Ajaklah ke sana seorang dari para imam yang telah kamu buang dari sana, dan biarlah mereka kembali lalu tinggal di sana, biarlah ia mengajari mereka tentang peraturan Elohim di negeri itu."

28 Salah seorang imam, yang telah mereka buang dari Samaria datang dan tinggal di Bethel. Kemudian ia mengajar mereka bagaimana seharusnya mereka takut akan YAHWEH.

29 Namun bangsa-bangsa membuat ilah-ilah mereka sendiri dan menempatkannya pada kuil di bukit-bukit, yang telah dibuat oleh orang-orang Samaria, semua bangsa di kota-kota tempat mereka tinggal.

30 Kemudian orang-orang Babilon membuat patung Sukot-Benot; orang-orang Kuta membuat patung Nergal; orang-orang Hamat membuat patung Ashima;

31 orang-orang Awi membuat patung Nibhas dan Tartak, dan orang-orang Sefarwaim membakar anak-anak mereka dengan api bagi Adramelekh dan Anamelekh, para ilah Sefarwaim.

32 Maka mereka menjadi takut terhadap YAHWEH dan mengangkat atas mereka dari kalangan mereka sendiri, para imam di tempat-tempat pemujaan; mereka inilah yang berkurban bagi mereka, di kuil tempat-tempat pemujaan.

33 Mereka takut kepada YAHWEH, namun mereka beribadah kepada ilah-ilah mereka menurut kebiasaan bangsa-bangsa yang telah mereka bawa dari sana.

34 Sampai hari ini mereka berbuat menurut kebiasaan sebelumnya, mereka tidak beribadah kepada YAHWEH dan tidak berbuat sesuai dengan ketetapan, peraturan, hukum, serta perintah yang telah YAHWEH perintahkan kepada anak-anak Yakub, yang diberi nama Israel.

35 YAHWEH telah membuat perjanjian dengan mereka dan memerintahkan mereka dengan mengatakan, "Janganlah engkau takut kepada ilah-ilah lain, atau sujud kepadanya, maupun beribadah kepadanya; dan janganlah engkau berkurban kepadanya.

36 Sebab YAHWEH-lah yang telah menuntun kamu keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang teracung; haruslah kamu takut kepada-Nya, dan sujud menyembah-Nya, serta berkurban kepada-Nya,

37 segala ketetapan, peraturan, hukum, dan perintah yang telah Dia tuliskan bagimu, haruslah kamu mentaati serta melakukan semua itu untuk selama-lamanya; janganlah takut kepada ilah-ilah lain.

38 Perjanjian yang telah Dia adakan denganmu, hendaklah kamu tidak melupakannya, dan hendaklah kamu tidak takut kepada ilah lain;

39 sebaliknya, haruslah kamu takut kepada YAHWEH, Elohimmu, karena Dia akan melepaskan kamu dari tangan semua musuhmu."

40 Namun mereka tidak mendengarkannya, dan berbuat menurut kebiasaan mereka yang dahulu.

41 Maka bangsa-bangsa ini takut akan YAHWEH, tetapi mereka juga beribadah kepada patung-patung mereka, baik anak-anak mereka maupun cucu-cucu mereka, sebagaimana yang telah dilakukan oleh leluhur mereka, bahkan sampai hari ini.

2 Raja-raja 16
2 Raja-raja 18