1 Samuel 21

Klik untuk mengganti ayat
Daud Melarikan Diri ke Nob

1 Lalu Daud datang kepada imam Ahimelekh di Nob. Gemetarlah Ahimelekh ketika bertemu Daud, katanya, "Mengapa engkau seorang diri saja dan tidak ada orang lain bersamamu?"

2 Daud berkata kepada Ahimelekh, imam itu, "Raja telah memerintahkan kepadaku suatu urusan, ia berkata kepadaku: "Jangan biarkan seorang pun mengetahui sesuatu dari urusan yang membuat aku mengutusmu dan apa yang telah aku perintahkan kepadamu. Aku telah menugaskan hamba-hambaku pergi ke suatu tempat.

3 Oleh karena itu, apa yang ada di tanganmu? Berikanlah lima roti ke dalam tanganku, atau apa pun yang ada di sini."

4 Lalu imam itu menjawab Daud dan berkata, "Tidak ada roti biasa di tanganku, yang ada hanya roti kudus, tetapi hanya jika orang-orang muda menjaga dirinya, paling tidak dari wanita."

5 Daud menjawab imam itu serta berkata kepadanya, "Sesungguhnya, wani ta telah dijauhkan dari kami sejak tiga hari yang lalu ketika aku berangkat. Dan wadah milik orang-orang muda ini adalah kudus, roti itu pun roti biasa, meskipun pada hari ini roti tersebut dikuduskan dalam wadahnya."

6 Lalu imam itu memberikan kepadanya roti kudus itu, karena di sana tidak ada lagi roti selain roti sajian yang diambil dari hadapan YAHWEH, supaya pada saat diambil, orang meletakkan roti yang baru.

7 Pada hari itu di sana ada seorang pria dari antara hambahamba Saul yang ditugaskan untuk tinggal bertahan di hadapan YAHWEH, namanya adalah Doeg, orang Edom, pemimpin para gembala Saul.

8 Daud berkata kepada Ahimelekh, "Apakah tidak ada padamu tombak atau pedang? Sebab aku tidak membawa pedang maupun senjata-senjataku, karena urusan raja sangatlah mendesak."

9 Lalu imam itu berkata, "Ada pedang Goliat, orang Filistin yang telah engkau kalahkan di lembah Elah itu; lihatlah, pedang itu terbungkus kain di belakang efod itu. Jika engkau menginginkannya, ambillah; karena tidak ada lagi yang lain di sini selain pedang itu." Daud berkata, "Tidak ada yang seperti itu. Berikanlah itu kepadaku!"

Daud Melarikan Diri ke Gat

10 Daud bangkit lalu melarikan diri dari hadapan Saul pada hari itu, dan ia datang kepada Akhis, raja Gat.

11 Para pelayan Akhis berkata kepadanya, "Bukankah ini adalah Daud, raja negeri itu? bukankah mengenai orang ini mereka bernyanyi dalam tari-tarian, sambil berkata: Saul membunuh musuhnya beribu-ribu, dan Daud membunuh berlaksa-laksa?"

12 Daud menaruh perkataan-perkataan itu di dalam hatinya dan menjadi sangat ketakutan terhadap Akhis, raja orang Gat itu.

13 Kemudian ia mengubah tingkah lakunya di depan mata mereka, dengan berpura-pura gila saat bersama mereka, ia menggores-gores pintu-pintu gerbang, dan membiarkan air liurnya jatuh ke janggutnya.

14 Akhis berkata kepada para pelayannya, "Perhatikanlah, kalian lihat, orang itu gila. Mengapa kalian membawanya kepadaku?

15 Apakah aku memerlukan orang-orang gila, sehingga kalian telah membawa orang ini masuk untuk menunjukkan kegilaannya di hadapanku? Pantaskah orang ini masuk ke kediamanku?"

1 Samuel 20
1 Samuel 22