1 Raja-raja 8

Klik untuk mengganti ayat
Pemindahan Tabut Perjanjian

1 Kemudian, Salomo mengumpulkan tua-tua Israel dan setiap kepala suku-suku, yakni para pemimpin leluhur bani Israel, ke hadapan raja Salomo di Yerusalem, untuk mengangkut tabut perjanjian YAHWEH dari kota Daud, yaitu Sion.

2 Seluruh orang Israel berkumpul di hadapan raja Salomo pada hari raya bulan Etanim, yakni bulan ketujuh.

3 Ketika semua tua-tua Israel datang, maka para imam segera mengangkat tabut itu,

4 Mereka mengangkut tabut YAHWEH dan Kemah Pertemuan, serta segala perkakas kudus yang ada di dalam kemah itu, bahkan para imam dan orang-orang Lewi mengangkut semuanya itu.

5 Lalu, raja Salomo dan segenap jemaat Israel yang sudah berkumpul di hadapannya berdiri bersama-sama dengannya di depan tabut itu, mengurbankan domba dan lembu jantan yang tidak terhitung jumlahnya karena terlalu banyak.

6 Kemudian para imam membawa tabut perjanjian YAHWEH itu ke tempatnya, ke tempat kudus bagian dalam Bait itu, ke ruang Mahakudus, di bawah sayap kerub-kerub;

7 karena kerub-kerub itu merentangkan kedua sayapnya ke tempat tabut itu, sehingga kerubkerub itu menudungi tabut serta kayu-kayu pengusungnya dari atas.

8 Kemudian mereka memperpanjang kayu-kayu pengusung itu dan ujung kayu-kayu pengusung itu kelihatan dari ruang kudus yang ada di depan tempat Mahasuci itu, tetapi tidak kelihatan dari luar, dan di situlah tempatnya sampai hari ini.

9 Dalam tabut itu tidak ada apa pun selain kedua loh batu yang diletakkan Musa di situ, ketika YAHWEH mengadakan perjanjian dengan bani Israel di gunung Horeb, saat keluar dari tanah Mesir.

10 Ketika para imam keluar dari tempat kudus, maka awan memenuhi Bait YAHWEH,

11 dan para imam itu tidak dapat berdiri untuk melayani oleh karena awan itu, sebab kemuliaan YAHWEH memenuhi Bait YAHWEH.

12 Lalu berkatalah Salomo, "YAHWEH telah berfirman bahwa Dia akan berdiam di balik awan yang tebal.

13 Sesungguhnya aku telah mendirikan Bait kemuliaan bagi-Mu, tempat yang tetap untuk Engkau tinggal selama-lamanya."

14 Lalu raja berpaling dan memberkati seluruh jemaat Israel yang sedang berdiri di situ.

15 Berkatalah raja, Diberkatilah YAHWEH, Elohim Israel, yang telah menyelesaikan dengan tangan-Nya, segala yang difirmankan-Nya kepada Daud, ayahku, dengan mengatakan:

16 Sejak hari Aku membawa umat-Ku Israel, keluar dari Mesir, Aku tidak memilih kota dari seluruh suku Israel untuk mendirikan rumah supaya Nama-Ku diam di sana, tetapi Aku telah memilih Daud untuk memerintah atas umatKu, Israel.

17 Ketika ada niat dalam hati ayahku, Daud, untuk mendirikan sebuah Bait bagi Nama YAHWEH, Elohim Israel;

18 maka YAHWEH berfirman kepada Daud, ayahku: Karena hatimu telah bermaksud untuk mendirikan Bait bagi Nama-Ku, maka sesungguhnya engkau telah berbuat baik di dalam hatimu;

19 hanya, engkau tidak akan mendirikan Bait itu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan mendirikan Bait itu bagi Nama-Ku.

20 YAHWEH telah menggenapi firman yang telah diucapkan-Nya, dan sekarang aku berdiri sebagai pengganti Daud, ayahku, dan duduk di atas takhta Israel, seperti yang difirmankan YAHWEH, aku telah membangun Bait bagi Nama YAHWEH, Elohim Israel,

21 dan di sana telah kusediakan tempat untuk tabut yang berisi perjanjian antara YAHWEH dengan leluhur kita, ketika Dia membawa mereka keluar dari tanah Mesir.

Doa Salomo

22 Berdirilah Salomo di hadapan mezbah YAHWEH dan di hadapan segenap jemaat Israel, ia mengangkat tangannya ke langit,

23 lalu berkata, Ya YAHWEH, Elohim Israel, tidak ada Elohim yang seperti Engkau di atas langit maupun di bawah bumi, Elohim yang memelihara perjanjian dan kasih setia kepada hamba-hamba-Mu, yang hidup di hadapan-Mu dengan segenap hatinya,

24 dan yang telah memelihara hamba-Mu Daud, ayahku; kepadanya Engkau telah berbicara dengan mulut-Mu dan menggenapinya dengan tanganMu seperti pada hari ini.

25 Oleh karena itu sekarang, ya YAHWEH, Elohim Israel, peliharalah apa yang telah Engkau katakan kepada hamba-Mu Daud, dengan berkata: Jika anak-anakmu hidup di hadapanKu sama seperti ketaatanmu kepada-Ku, maka keturunanmu tidak akan terputus di hadapan-Ku, dan mereka akan tetap duduk di atas takhta Israel.

26 Maka aku memohon kepada-Mu, ya Elohim Israel, biarlah firman yang telah Engkau katakan kepada hamba-Mu Daud, ayahku, kiranya dapat digenapi sekarang.

27 Namun, apakah benar Elohim akan tinggal di bumi? Lihatlah, bahkan langit yang mengatasi segala langit pun tidak akan cukup luas untuk Engkau diami, terlebih lagi Bait yang telah aku dirikan ini.

28 Perhatikanlah doa dan permohonan hamba-Mu ini ya YAHWEH, Elohimku, dengarkanlah seruan dan doa yang hamba-Mu panjatkan ke hadapan-Mu pada hari ini;

29 karena mata-Mu tertuju pada Bait ini siang dan malam, terhadap tempat yang Engkau katakan: Nama-Ku akan berdiam di sana. Dengarkanlah doa yang telah dipanjatkan oleh hamba-Mu di tempat ini.

30 Kiranya Engkau mendengarkan permohonan hamba-Mu, dan umat-Mu Israel apabila mereka berdoa di tempat ini. Sungguh, Engkau akan mendengar kami dari tempat kediaman-Mu di surga. Engkau akan mendengar dan akan mengampuni kami.

31 Jika seseorang telah berdosa terhadap sesamanya, dan ia dipaksa bersumpah, maka ia harus membawa sumpah itu ke hadapan mezbah-Mu di Bait ini.

32 Di surga Engkau akan mendengar dan bertindak serta mengadili hambahamba-Mu, untuk menyatakan bersalah orang fasik, dengan menanggungkan perbuatannya keatas kepalanya, dan dengan menyatakan benar bagi orang yang benar, lalu memberi imbalan kepadanya sesuai dengan kebenarannya.

33 Apabila umat-Mu Israel terpukul kalah oleh musuhnya karena mereka berdosa kepada-Mu, lalu mereka berbalik kepada-Mu dan mengakui Nama-Mu, berdoa serta memohon kepada-Mu di Bait ini,

34 maka kiranya Engkau mendengarnya dari surga dan mengampuni dosa umat-Mu Israel, lalu mengembalikan mereka ke negeri yang telah Engkau berikan kepada leluhur mereka.

35 Dan apabila mereka berdosa terhadap Engkau, sehingga Engkau menutup langit supaya tidak menurunkan hujan, namun mereka berdoa di tempat ini dan mengakui Nama-Mu lalu berbalik dari dosa mereka,

36 maka biarlah Engkau mendengarkan mereka dari surga dan mengampuni dosa hambahamba-Mu dan umat-Mu Israel. Kiranya Engkau mengajarkan kepada mereka jalan terbaik yang harus mereka tempuh dan berikanlah hujan atas tanah-Mu yang telah Engkau berikan kepada umatMu sebagai milik pusaka.

37 Jika di negeri ini terjadi kelaparan, wabah, hama tumbuhan, dan tanaman menjadi layu oleh karena belalang atau belalang pelahap; bahkan jika musuh menyerang negeri ini, dan jika ada tulah atau penyakit apa pun,

38 namun kemudian ada doa dan permohonan yang dinaikkan oleh seseorang di antara umat-Mu Israel sesuai dengan isi hati mereka masing-masing, dengan menengadahkan tangannya ke Bait ini,

39 maka Engkau pun akan mendengarkannya di surga, tempat kediaman-Mu. Engkau juga akan mengampuni dan bertindak, serta membalaskan kepada setiap orang sesuai dengan perbuatannya, oleh sebab engkau mengenal hatinya. Sungguh, hanya Engkaulah yang mengenal hati semua keturunan Adam,

40 dan biarlah mereka takut akan Engkau selama mereka hidup di negeri yang telah Engkau berikan kepada leluhur kami.

41 Demikian juga bagi orang asing yang bukan umat-Mu Israel, yaitu mereka yang datang dari negeri jauh oleh karena Nama-Mu,

42 oleh sebab mereka telah mendengar Nama-Mu yang besar dan kekuatan tanganMu dan lengan-Mu yang teracung, sehingga mereka datang dan berdoa ke Bait ini.

43 ngkau akan mendengarkannya dari surga, tempat kediaman-Mu, dan Engkau juga akan mengabulkannya, supaya segala bangsa di bumi mengenal Nama-Mu, dan mereka menjadi takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel, sehingga mereka mengetahui bahwa Nama-Mu telah diserukan di Bait yang telah aku dirikan ini.

44 Ke mana pun Engkau memerintahkan umat-Mu untuk keluar berperang melawan musuhnya, lalu di mana pun mereka berada, mereka berdoa kepada YAHWEH dengan menghadap kepada Bait yang telah aku dirikan bagi NamaMu,

45 maka dari surga Engkau akan mendengarkan doa dan permohonan mereka, serta menegakkan keadilan kepada mereka.

46 Dan apabila mereka berdosa terhadap Engkau, sebab tidak ada manusia yang tidak berbuat dosa, sehingga Engkau murka kepada mereka serta menyerahkannya kepada musuh, lalu mereka dibawa menjadi tawanan ke negeri musuh, baik itu jauh atau dekat;

47 namun jika di negeri tempat mereka ditawan, mereka menjadi berbalik hatinya, lalu menyesal dan memohon kepada-Mu, dengan berkata: Kami telah berdosa dan melakukan pelanggaran, kami juga telah berbuat jahat;

48 lalu, mereka berbalik kepada-Mu dengan segenap hatinya dan dengan segenap jiwanya di negeri musuh yang telah menawannya, dan berdoa kepadaMu dengan menghadap ke negeri mereka yang telah Engkau berikan kepada leluhur mereka, yaitu kota yang telah Engkau pilih, dan Bait yang telah aku dirikan bagi NamaMu,

49 maka kiranya Engkau di surga, di tempat kediaman-Mu, mendengar doa dan permohonan mereka dan memberikan keadilan kepada mereka,

50 serta mengampuni dosa dan pelanggaran yang telah dilakukan umat-Mu kepadaMu dan biarlah mereka mendapatkan belas kasihan dari musuh-musuh yang menawan mereka.

51 Sebab mereka adalah umat-Mu dan milik kepunyaan-Mu, yang telah Engkau bawa ke luar dari Mesir dari tengah-tengah dapur peleburan besi,

52 karena mata-Mu terbuka terhadap permohonan hamba-Mu dan terhadap permohonan umatMu Israel dengan mendengarkan mereka dalam segala perkara yang mereka serukan kepada-Mu.

53 Sebab, Engkau telah memisahkan mereka bagi-Mu sendiri sebagai milik pusaka dari antara segala bangsa di bumi, sebagaimana Engkau telah berfirman dengan perantaraan Musa, hamba-Mu, pada waktu Engkau membawa leluhur kami keluar dari Mesir, ya YAHWEH.

54 Setelah Salomo selesai memanjatkan segala doa dan permohonannya kepada YAHWEH, bangkitlah ia dari berlutut dan menengadahkan tangannya ke langit di depan mezbah YAHWEH.

55 Ia berdiri dan memberkati segenap jemaat Israel dengan suara nyaring, katanya,

56 Diberkatilah YAHWEH yang telah memberikan tempat perhentian kepada umat-Nya, Israel, tepat seperti yang telah difirmankan-Nya. Dan dari semua yang baik, yang telah dikatakanNya dengan perantaraan Musa, hamba-Nya, tidak ada satu pun yang gagal.

57 YAHWEH, Elohim kita, menyertai kita sebagaimana Dia telah menyertai leluhur kita. Dia tidak akan menelantarkan kita atau meninggalkan kita.

58 Dia akan mencondongkan hati kita kepadaNya, supaya kita dapat mengikuti segala jalan-Nya dan memelihara segala perintah-Nya dan ketetapan-Nya dan peraturan-Nya, yang telah diperintahkan-Nya kepada leluhur kita.

59 Inilah perkataan-perkataanku yang telah aku sampaikan di hadapan YAHWEH, dengan mendekat kepada YAHWEH, Elohim kita, siang dan malam, supaya Dia memberikan keadilan terhadap hamba-Nya dan kepada umat-Nya, Israel tentang perkaraperkara di setiap harinya;

60 supaya segala bangsa di bumi mengetahui bahwa YAHWEH, Dialah Elohim, dan tidak ada yang lain;

61 karena itu, biarlah hatimu setia kepada YAHWEH, Elohim kita, dengan berjalan menurut ketetapan-Nya dan perintah-Nya, seperti pada hari ini.

62 Kemudian raja serta segenap orang Israel mempersembahkan kurban di hadapan YAHWEH;

63 dan untuk kurban pendamaian, Salomo mempersembahkan kepada Elohim: Dua puluh dua ribu ekor lembu jantan dan seratus dua puluh ribu ekor domba. Demikianlah raja dan seluruh bani Israel menahbiskan Bait YAHWEH.

64 Pada hari itu juga raja menguduskan bagian tengah halaman yang di depan Bait YAHWEH. Karena di situlah ia membuat persembahan bakaran, persembahan sajian dan lemak-lemak persembahan pendamaian; oleh sebab mezbah tembaga yang ada di hadapan YAHWEH itu terlalu kecil untuk memuat persembahan bakaran, dan persembahan sajian dan lemak-lemak persembahan pendamaian itu.

65 Pada waktu itu juga Salomo mengadakan perayaan di hadapan YAHWEH, Elohim kita, bersama seluruh Israel, suatu jemaat yang besar, dari jalan masuk Hamat hingga aliran sungai Mesir.

66 Kemudian pada hari yang kedelapan, ia menyuruh bangsa itu pergi. Maka mereka memohon berkat untuk raja, lalu pulang ke kemah mereka sambil bersukacita dan bergembira atas segala kebaikan yang telah dilakukan YAHWEH kepada Daud, hambaNya, dan kepada umat-Nya, Israel.

1 Raja-raja 7
1 Raja-raja 9