1 Raja-raja 19

Klik untuk mengganti ayat
Elia Melarikan Diri ke Horeb

1 Ahab menceritakan kepada Izebel segala hal yang telah dilakukan Elia, bahwa ia membunuh semua nabi itu dengan pedang.

2 Lalu Izebel menyuruh seorang suruhan berkata kepada Elia, dengan mengatakan, "Beginilah kiranya para ilah melakukan sesuatu kepadaku, bahkan lebih dari itu, jika besok kira-kira pada waktu seperti ini aku tidak membuat nyawamu sama seperti nyawa salah seorang dari mereka itu."

3 Dan ketika Elia mendengar itu, lalu ia bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya ke Bersheba, wilayah Yehuda dan meninggalkan bujangnya di sana.

4 Namun ia sendiri pergi ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon ara. Kemudian ia berdoa agar ia mati saja, dengan berkata, "Cukuplah, ya YAHWEH. Ambillah nyawaku, karena aku tidak lebih baik daripada leluhurku."

5 Lalu ia berbaring dan tidur di bawah pohon ara itu. Tiba-tiba seorang malaikat menyentuhnya serta berkata, kepadanya, "Bangunlah, makanlah!"

6 Ketika ia melihatnya, di sebelah kepalanya ada roti bakar dan sebuah kendi berisi air. Lalu ia makan dan minum, kemudian kembali berbaring.

7 Lalu malaikat YAHWEH datang lagi untuk kedua kalinya dan menyentuhnya serta berkata, "Bangunlah, makanlah, karena perjalananmu nanti sangat jauh."

8 Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, kemudian oleh kekuatan makanan itu ia berjalan selama empat puluh hari empat puluh malam ke gunung Elohim, yakni Horeb.

YAHWEH Berbicara kepada Elia

9 Lalu ia masuk ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka datanglah firman YAHWEH kepadanya, dan berkata, "Apa yang sedang engkau kerjakan di sini, Elia?"

10 Ia menjawab, "Aku bekerja dengan sangat giat bagi YAHWEH, Elohim Semesta Alam, karena orang Israel telah meninggalkan perjanjian-Mu; mereka meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang dan hanya aku seorang diri yang masih hidup dan mereka berusaha mencabut nyawaku."

11 Lalu kata-Nya, "Keluarlah dan berdirilah di atas gunung itu di hadapan YAHWEH." Maka tampaklah YAHWEH lewat. Angin besar dan kuat terdengar di pegunungan itu dan memecahkan bukit-bukit cadas di hadapan YAHWEH. Tetapi, tidak ada YAHWEH dalam badai itu. Sesudah badai itu terjadilah gempa bumi, tetapi tidak ada YAHWEH dalam gempa itu.

12 Sesudah gempa itu datanglah api, tetapi tidak ada YAHWEH dalam api itu. Dan sesudah api datanglah suara yang lembut.

13 Ketika Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya lalu keluar dan berdiri di ambang gua itu. Lalu datanglah suara kepadanya, yang berkata, "Apa yang sedang engkau kerjakan di sini, Elia?"

14 Ia menjawab, "Dengan sangat giat aku bekerja bagi YAHWEH, Elohim Semesta Alam, karena orang Israel telah meninggalkan perjanjian-Mu; mereka meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang diri yang masih hidup dan mereka berusaha mencabut nyawaku."

15 YAHWEH berfirman kepadanya, "Pergilah, kembalilah ke jalanmu ke padang gurun Damshik. Engkau harus masuk dan mengurapi Hazael sebagai raja atas Aram.

16 Engkau juga harus mengurapi Yehu anak Nimsi sebagai raja atas Israel. Elisha anak Safat dari Abel-Mehola harus engkau urapi sebagai nabi penggantimu.

17 Siapa yang terluput dari pedang Hazael akan dibunuh oleh Yehu dan siapa yang terluput dari pedang Yehu akan dibunuh oleh Elisa.

18 Aku akan menyisakan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua yang tidak pernah sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia."

Elisa Dipanggil Sebagai Pengganti Elia

19 Jadi berangkatlah Elia dari sana dan berjumpa dengan Elisa anak Safat yang sedang membajak dengan dua belas pasang lembu di depannya, sedang ia sendiri memegang bajak yang kedua belas. Ketika Elia melintas di dekatnya, ia melemparkan jubahnya kepadanya.

20 Lalu Elisa meninggalkan lembu itu dan berlari di belakang Elia, serta berkata, "Izinkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu, kemudian aku akan mengikut engkau." Lalu ia berkata kepadanya, "Pulanglah dahulu dan ingatlah apa yang telah aku perbuat kepadamu!"

21 Maka kembalilah ia dan mengambil sepasang lembu itu, lalu menyembelih dan memasak dagingnya dengan bajak lembu itu sebagai kayu apinya. Ia memberikan daging itu kepada orang-orangnya, kemudian mereka makan. Setelah itu ia bangkit lalu mengikuti Elia dan menjadi hambanya.

1 Raja-raja 18
1 Raja-raja 20