1 Korintus 10

Klik untuk mengganti ayat
Belajar dari Masa Lalu Israel

1 Aku ingin kamu mengetahui saudara-saudaraku, bahwa leluhur kita semua berada di bawah perlindungan awan dan mereka semua telah melintasi laut.

2 Mereka semua telah dibaptis di dalam awan dan di dalam laut untuk menjadi pengikut Musa.

3 Mereka semua telah makan makanan rohani yang sama;

4 mereka semua telah minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu adalah Kristus.

5 Namun, Elohim tidak berkenan kepada sebagian besar dari mereka, karena mereka dicerai-beraikan di padang gurun.

6 Semua ini telah dijadikan contoh bagi kita, supaya kita tidak menjadi orang yang berkeinginan jahat sama seperti mereka.

7 Hendaklah kamu tidak menjadi penyembah-penyembah berhala sama seperti beberapa orang dari mereka, sebagaimana telah tertulis: "Bangsa itu duduk untuk makan dan minum, dan mereka bangun lalu menari-nari."

8 Hendaklah kita tidak melakukan percabulan sama seperti beberapa orang dari mereka yang telah berbuat cabul, sehingga dalam satu hari telah mati dua puluh tiga ribu orang.

9 Hendaklah kita tidak mencobai Kristus seperti beberapa orang dari mereka yang telah mencobai-Nya dan mati dipagut ular.

10 Hendaklah kamu tidak bersungut-sungut sama seperti beberapa orang dari mereka yang telah bersungut-sungut dan dibunuh oleh malaikat kematian.

11 Semua ini terjadi kepada orang-orang itu untuk menjadi contoh dan telah dituliskan sebagai peringatan bagi kita yang hidup di akhir zaman.

12 Karena itu, siapa yang menganggap dirinya berdiri teguh, biarlah ia berhati-hati agar tidak jatuh.

13 Pencobaan yang kamu alami adalah pencobaan biasa bagi manusia. Elohim itu setia, Dia tidak akan membiarkan kamu dicobai melebihi kekuatanmu; sebaliknya saat pencobaan itu datang, Dia akan membuatkan jalan keluar supaya kamu dapat menanggungnya.

Peringatan Tentang Penyembahan Berhala

14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang terkasih, hendaklah kamu menjauhkan diri dari penyembahan berhala.

15 Aku berkata kepadamu sebagai orang-orang bijaksana, pertimbangkanlah sendiri apa yang aku katakan.

16 Bukankah cawan berkat yang kita berkati ini adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan ini adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?

17 Sebab hanya ada satu roti, dan kita semua mendapat bagian dari roti yang satu ini, sehingga walaupun kita banyak, kita adalah satu tubuh.

18 Perhatikanlah Israel secara jasmani, bukankah mereka yang makan kurban persembahan telah menjadi bagian dari tempat itu?

19 Apakah maksud perkataanku ini? Apakah aku berkata bahwa berhala adalah sesuatu, atau yang dikurbankan kepada berhala adalah sesuatu?

20 Bukan itu maksudku, melainkan apa yang dikurbankan bangsa-bangsa, mereka mengurbankannya kepada roh-roh jahat dan bukan kepada Elohim. Dan aku tidak ingin bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat.

21 Kamu tidak boleh minum dari cawan Tuhan lalu minum juga dari cawan roh-roh jahat; kamu tidak boleh mengambil bagian dari meja Tuhan lalu mengambil bagian juga dari meja roh-roh jahat.

22 Atau, akankah kita membangkitkan kecemburuan Tuhan? Adakah kita lebih kuat daripada Dia?

Kebebasan Orang Percaya

23 Segala sesuatu diperbolehkan bagiku, tetapi tidak semuanya berguna. Segala sesuatu diperbolehkan bagiku, tetapi tidak semuanya membangun.

24 Biarlah setiap orang tidak mencari kebaikan bagi dirinya sendiri, melainkan kebaikan bagi orang lain.

25 Apa saja yang dijual di pasar daging, makanlah tanpa melakukan pemeriksaan atas pertimbangan hati nurani.

26 Sebab bumi dan seisinya adalah milik TUHAN.

27 Jika seseorang yang tidak percaya mengundang kamu makan, dan kamu mau pergi, apa saja yang dihidangkan kepadamu, makanlah tanpa melakukan pemeriksaan atas pertimbangan hati nurani.

28 Jika seseorang berkata kepadamu: "Ini adalah sesuatu yang dikurbankan kepada berhala," maka janganlah kamu memakannya sehubungan dengan orang yang memberitahukan itu dan sehubungan dengan hati nurani. Karena: "Bumi dan seisinya adalah milik TUHAN."

29 Hati nurani yang aku maksudkan, bukanlah hati nuranimu sendiri, melainkan hati nurani orang lain. Lalu, mengapa kebebasanku dihakimi oleh hati nurani orang lain?

30 Dan jika karena anugerah aku menerima bagianku, mengapa aku dicela atas apa yang aku syukuri?

31 Karena itu, jika kamu makan atau minum, atau melakukan sesuatu apa pun, lakukanlah semuanya bagi kemuliaan Elohim.

32 Janganlah menjadi sandungan baik kepada orang-orang Yahudi maupun kepada orang-orang Yunani, bahkan kepada jemaat Elohim.

33 Sebagaimana aku juga berusaha menyenangkan semua orang dalam segala hal, dengan tidak mengejar apa yang menguntungkan diri sendiri, melainkan keuntungan bagi banyak orang, sehingga mereka dapat diselamatkan.

1 Korintus 9
1 Korintus 11